KabariNews – TripAdvisor(TM), situs perjalanan terbesar di dunia, hari ini mengumumkan penghargaan Travellers’ Choice(TM) untuk Landmark (markah tanah). Penghargaan tahun ini memberikan pengakuan pada lebih dari 700 landmark di seluruh dunia yang meliputi daftar untuk Asia, Afrika, Karibia, Eropa, Amerika Selatan, Pasifik Selatan, Inggris Raya, dan A.S.

Penghargaan tahunan ini didasarkan pada jutaan ulasan dan opini berharga dari wisatawan TripAdvisor dari seluruh dunia. Pemenang penghargaan ditetapkan dengan menggunakan algoritma yang memperhitungkan kuantitas dan kualitas ulasan untuk landmark di seluruh dunia, yang dikumpulkan dalam periode 12 bulan.

Angkor Wat di Kamboja memuncaki daftar dunia, diikuti oleh Machu Picchu di Peru, dan Taj Mahal India. Asia Tenggara menduduki hingga enam dari sepuluh tempat teratas dalam daftar Asia. Travellers’ Choice Landmarks (Markah Tanah Pilihan Wisatawan) juga mengakui sepuluh landmark terbaik di Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Singapura, masing-masing dengan Kuil Budha Berbaring (Temple of the Reclining Buddha [Wat Pho]), Menara Kembar Petronas,  Flyer Singapura dan Indonesia adalah Candi Borobudur, menempati peringkat sebagai landmark terbaik di masing-masing negara.

Selain Candi Borobudur, landmark pilihan wisatawan Indonesia lainnya adalah Pura Tanah Lot – Beraban, Bali, Candi Prambanan – Sleman, Yogyakarta, Pura Uluwatu – Pecatu, Bali, Desa Wae Rebo – Ruteng, Flores, Bangkai Kapal USS Liberty – Tulamben, Bali, Tanah Toraja – Rantepao, Sulawesi, Pura Lempuyang – Bali, Tirta Gangga – Karangasem, Bali, dan Gunung Kawi – Tampaksiring, Bali

“Travellers’ Choice Landmarks menyoroti beberapa daya tarik paling ikonik dan wajib disaksikan di dunia yang telah merebut hati komunitas TripAdvisor,” ungkap Barbara Messing, kepala pejabat pemasaran TripAdvisor. “Para wisatawan dapat mengalami sejarah dan budaya yang beraneka warna di tempat-tempat dengan pemandangan pemenang penghargaan ini.” (1009)