Cats menjadi salah satu fenomena mega musikal di dunia teater sejak diadaptasi ceritanya dari buku puisi karangan T.S. Elliot di tahun 1939, oleh komposer terkenal, Andrew Llyod Webber. Pergelaran ini sudah digelar di tiga puluh negara dengan diterjemahkan ke lebih dari 15 bahasa. Selain itu sudah meraih tujuh penghargaan Tony Awards yang salah satunya adalah Best Musical. Penghargaan yang sama juga diraih dari ajang Olivier Awards.

Orang banyak mengenal Cats lewat pertunjukannya di Broadway, New York. Teater Broadway yang terletak di daerah district Manhattan, New York ini merupakan tempat pertunjukan drama musikal ternama seperti Hamilton, The Phantom of The Opera, Wicked, To Kill A Mockingbird, serta Cats ini. Tahun lalu, Cats menjadi pertunjukan di Broadway terlama di urutan keempat. Tapi beruntung sekarang kita tak perlu jauh-jauh datang ke New York untuk menyaksikannya karena sudah dibawa berkeliling ke negara-negara bagian di Amerika. Pertunjukannya menghabiskan waktu 2 jam dan 20 menit intermission (waktu istirahat). Kita tinggal tunggu jadwal pergelarannya di teater terdekat.

Dalam bukunya yang berjudul Old Possum’s Book of Practical Cats, Elliot bercerita tentang suku kucing, Jellicle, yang berkumpul bersama demi membuat pilihan dan memutuskan kucing mana yang akan naik ke Heaviside Layer untuk lahir kembali ke kehidupan yang baru. Buku ini berisi kumpulan puisi-puisi tentang kucing yang ditulis oleh Elliot untuk anak baptisnya.

Andrew Llyod Webber sudah mulai menyiapkan komposisi lagu-lagunya untuk drama musikalnya dari tahun 1977. Dua lagu yang akhirnya menjadi terkenal adalah Mr. Mistoffelees dan Memory. Lagu Memory dipopulerkan oleh Barbra Streisand di tahun 1981, kemudian oleh Betty Buckley dan dinyanyikan kembali oleh Susan Boyle di tahun 2012.

Awalnya di tahun 1981, judul yang dipakai untuk pertunjukan musikal ini adalah Practical Cats. Saat itu, salah satu artis ternama Judi Dench yang memerankan dua karakter, Grizabella dan Jennyanydots. Tapi sesaat sebelum persiapan untuk pertunjukan pertama, judulnya diubah lebih singkat dengan, Cats. Karena disesuaikan dengan posternya yang minimalis berupa mata kucing berwarna kuning dengan gerakan orang menari di dalam kedua pupilnya.

Di tahun 1998, Cats muncul dalam layar lebar, diproduseri oleh Andrew Llyod Webber dan disutradarai oleh David Mallet. Film yang dibintangi oleh Elaine Paige dan John Mills ini cukup mendapat sambutan yang hangat. Disusul tahun lalu, sutradara Tom Hooper menyutradarai film ini. Sayangnya filmnya tak sesukses drama musikalnya. Film layar lebar ini dihujani oleh kritik negatif terutama tentang teknik penggabungan wajah manusia dan kucing lewat CGI (Computer-generated imagery) yang dinilai kurang memuaskan.