KabariNews – Perayaan Oscar telah berakhir, namun cerita tentang ajang tahunan ini masih diperbincangkan. Banyak cerita menarik di belakang layar serta berbagai kejutan selalu menghiasi ajang penghargaan film terbesar tahunan ini. Apa saja?

  1. Perayaan Oscar tahun ini merupakan ke-16 kalinya digelar di the Dolby Theater, Los Angeles, California. Pertama kali diselenggarakan di tahun 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel, kemudian berpindah di beberapa tempat sampai akhirnya sejak tahun 2002 menjadi acara tetap di gedung yang sebelumnya dikenal sebagai gedung Kodak Theater ini.
  2. Ini merupakan pertama kalinya aktor, aktris dan sutradara African-American masuk nominasi di setiap kategori besar di Oscar. Viola Davis menjadi salah satu pemecah rekor artis African- American yang mendapatkan nominasi ketiga kalinya dan menang. Sebelumya meraih nominasi Best Supporting Actress di film Doubt (2008), Best Actress di film The Help (2011) dan tahun ini Best Supporting Actress di film Fences.
  3. Meski La La Land tidak meraih penghargaan sebagai film terbaik tapi memiliki banyak cerita menarik di balik layar. Film ini merupakan film nominasi Oscar yang terlaris dan sudah menghasilkan $340 juta dari seluruh dunia. Di film ini Ryan Gosling berlatih dua jam sehari, enam hari seminggu belajar piano, sebelum film di produksi sampai akhirnya dia mampu memainkan piano di film tanpa memakai pianis pengganti atau efek CGI (Computer-Generated Imagery). Ketekunan dan kemampuan Ryan belajar secara cepat itu membuat John Legend cemburu. “Saya pegang piano dan berlatih sejak kecil, Ryan hanya butuh beberapa minggu sudah selincah itu jemarinya,” komentarnya.
  4. Damien Chazelle, sutradara La La Land, meski pun bukan sutradara termuda yang masuk nominasi Oscar sejak pertama diselenggarakan, tapi seandainya dia menang dia akan menjadi sutradara termuda dalam sejarah pemenang sutradara terbaik. Damien berumur 32 tahun. Sebelumnya terdapat nama John Singleton yang saat dinominasikan sebagai sutradara terbaik di film Boyz n the Hood di tahun 1991 berumur 24 tahun. Dia kalah oleh Jonathan Demme yang meraih penghargaan sutradara terbaik di film The Silence of The Lambs.
  5. Taraji P. Henson yang berperan sebagai Katherine Johnson merupakan satu-satunya pemain Hidden Figures yang berkesempatan bertemu langsung untuk belajar dan berdiskusi tentang perannya dengan Katherine. Katherine yang sekarang berumur 98 tahun, lulus dari sekolah menengah umur 14 tahun dan di wisuda umur 18 tahun ini merasa puas dan bangga dengan film itu meski awalnya sempat heran kenapa ada yang mau membuat film tentang kehidupannya.
  6. Salah satu nominasi film terbaik, Fences, diadaptasi dari pertunjukan drama yang ditulis oleh penulis drama August Wilson di tahun 1983. Fences pada tahun 1987 memenangkan Pulitzer Prize for Drama dan memenangkan penghargaan Tony Award untuk Best Play. Denzel Washington selain bermain juga sebagai sutradara. Menurutnya mengadaptasi cerita drama menjadi sebuah film layar lebar butuh tantangan karena karakter-karakternya dibuat lebih hidup dalam durasi tontonan yang lebih panjang.
  7. Lucas Hedges yang berperan sebagai Patrick, remaja yang mengalami gangguan emosional setelah ditinggal ayahnya, di film Manchester By The Sea, mengaku memakai trik khusus untuk mendalami perannya. Triknya adalah menahan bicara dan mengurung diri untuk membangun emosinya sebelum syuting. Dengan begitu saat mulai berakting, dia dapat mengeluarkan emosinya yang meledak-ledak. Totalitasnya membuat Lucas masuk nominasi Best Supporting Actor di film ini.
  8. Dev Patel yang memerankan karakter Saroo Brierley di film Lion merasakan keharuan yang luar biasa saat mendapat kesempatan kembali ke rumah masa kecilnya di India sebelum mulai syuting. Menurutnya bermain di film ini dirinya menjadi sangat emosional. Mengingatkan kembali masa kecilnya dan melihat sambutan dari penduduk desa lokasi film menjadikan satu energi yang tak terlupakan. “Energi itulah yang membantu membangun karakter yang saya mainkan sehingga saya merasa menyatu dengan peran Saroo Brierley,” katanya. (Kabari1004/ foto: istimewa)