Pengusaha muda asal Cianjur Rizki Muhamad Fauzi, berhasil mencapai sukses dalam berbisnis topi branded, Goorin Bros. Rizki bersama toko onlinenya yang bernama  Fresize, menjadi satu-satunya toko topi online yang mendapat lisensi merk brand terkenal dari Amerika tersebut.

Namun siapa sangka semua itu berawal justru dari tidak cocoknya  Rizki memakai topi di kepalanya. 

“Ya dulunya itu saya pernah beli topi. Setelah saya pakai ternyata tidak cocok karena muka saya bulat. Kemudian saya jual topi itu lewat sosial media pribadi. Eh, tidak pakai lama topi itu laku. Saya putuskan untuk jualan topi branded berhubung juga belum banyak yang jual topi branded saat itu,” kata Rizki kepada KABARI.

Berhubung Rizki masih sibuk kerja sebagai Manager Sales Marketing sebuah perusahaan, dia mengumpulkan topi-topi branded tersebut untuk stock. Barulah pada tahun 2020, saat pandemi Corona tempat kerjanya sedang tidak dalam kondisi yang baik.

Rizky lalu memutuskan untuk resign dari tempat kerjanya. Ia beralih fokus membesarkan bisnis topinya sekaligus membadan usahakan jualan onlinenya di tahun 2020.

Nah, Rizki yang fokus jualannya hanya melalui online mendapatkan momentum dari adanya pandemi dimana omsetnya naik berkali-kali lipat.

“ Kita jualannya full online secara  kita juga ingin merubah pandangan bahwa berbisnis itu tidak harus punya ruko yang besar. Dilihat dari pandemi kemarin banyak usaha yang based-on nya di ruko atau toko banyak yang tumbang. Dan sekarang ini zamannya sudah online selain juga saya ingin menjaga nilai eksklusivitas dari topi ini,” kata pria yang tergabung dalam HIPMI Jawa Barat dan KADIN ini.

Sejauh itu bisnis topi branded-nya Rizki menuai respon yang positif dan cuan. Sebagai mantan sales Manager Marketing, tentu dia cukup paham soal sales dan yang berhubungan dengannya, jadi pertumbuhan bisnis Fresize lumayan tumbuh dan berkembang di marketplace tanah air.

Ia mengatakan setiap stock topinya hampir 90 persennya terjual dengan range Rp.500 ribu sampai jutaan. Di Indonesia sendiri topi Goorin Bros yang berfokus pada gambar-gambar binatang ini sudah cukup dikenal pada pecinta topi dan masyarakat.

Banyak selebritis tanah air yang sering mengenakan topi Goorin Bros seperti Ivan Gunawan, Irfan hakim, Denny Sumargo dan lainnya.  Bahkan penjualan topinya sudah menjamah pasar luar negeri, dari wilayah ASEAN, Eropa sampai Kolombia.

Nah, strategi Rizki agar bisnisnya langgeng seraya terus cuan adalah tetap disiplin, konsisten dan tekun. Di zaman digital dengan sosial media dan marketplace yang ada,  posting item adalah senjatanya. Selain juga Rizki terus menjaga kualitas layanan agar selalu prima dan responsif.

“Kebanyakan dari kita tidak hanya beli satu doang, dari awal jualan saya tidak pernah menjual ke keluarga atau saudara. Yang beli saya tidak kenal dan kalau kita tidak posting, follower akan hilang, jadi sebisa mungkin untuk posting produk tiap hari. Setiap harinya ada barang baru, jenis produk bukan jumlah produk. Topi saya jika sold out tidak bisa restock jadi ini sifatnya limited edition,” tuturnya.

Rizki pun menambahkan topi berbeda dengan sepatu. Jika sepatu tidak digunakan selama bertahun-tahun bisa rusak atau hancur, sementara kalau topi tidak. Dan model topi lebih  long lasting. Dari dulu sampai sekarang sama saja modelnya hanya ganti logo saja. 

“Bisnis topi ini kelihatannya receh tetapi perputaran transaksinya cepat.”

Rizki membuktikan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan konsistensi, siapa pun dapat memulai bisnis online dengan modal yang terjangkau dan meraih kesuksesan.  Rencana ke depan, ia ingin  mendapatkan lisensi untuk merk topi lainnya sembari mengejar kuantitas barang masuk yang sekarang ini agak lambat.

Artikel ini dapat dilihat di Majalah Digital Kabari Edisi 191

Baca juga: