Asal tahu caranya, di rumah aja pun dapat bikin kita makin kreatif dan pintar. Dan tentu saja tetap bisa having fun bersama keluarga. Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk menolong tetangga.

Saling Membantu
Inilah saatnya kita mulai lebih memerhatikan sekitar kita. Membantu tetangga yang membutuhkan terutama jika mereka sudah lanjut usia dan disarankan untuk tidak keluar rumah. Caranya dengan menawarkan menolong berbelanja, memotong rumput, mengambil makanan pesanan di restoran atau mengantarkan masakan buatan kita.

Kita juga dapat membantu restoran kesukaan kita agar tetap berbisnis. Terutama restoran lokal bukan waralaba. Pada saat begini, pendapatan mereka tentu saja tak sebesar kalau banyak pembeli makan di dalam. Beberapa restoran memilih tutup sementara, tapi banyak yang memilih buka hanya untuk pembeli yang mengambil makanan atau delivery. Dengan memesan makanan, kita membantu pemilik restoran tetap berbisnis, membantu para karyawan tetap bekerja, termasuk para pengantar makanannya.

Masih banyak yang ragu apakah pesan makanan itu aman? Menurut FDA (Food and Drug Administration), tidak ada bukti makanan yang diproduksi dapat menularkan Covid-19. WHO pun sependapat dengan FDA. Karena memasak makanan dengan temperatur tinggi akan membunuh virus. Yang perlu diperhatikan justru saat pengantaran makanan. Jika masih cemas, mintalah mereka tinggalkan makanan di depan pintu, tunggu mereka pergi atau sampai jarak 6 kaki, baru mengambil makanannya. Jangan lupa di lap dengan tisu antiseptik dan pindahkan makanan ke piring sendiri. Segera buang semua tempatnya lalu cuci tangan.

Ambil Hikmahnya
Apapun peristiwa yang terjadi akan selalu ada hikmahnya. Salah satu hikmahnya jadi lebih kreatif. Kembali menggeluti hobi atau bahkan memanfaatkan hobi yang menghasilkan. Memasak, membuat roti dan jajanan, menjahit masker, serta membuat jamu yang mulai naik daun. Kemudian dipasarkan. Selain membuat kita tetap berkegiatan di dalam rumah juga dapat mengisi tabungan.

Bagi yang rajin membuka media sosial pun menjadikannya tempat untuk berekspresi, mengusir kebosanan sekaligus menghibur. Seperti menari atau lyp sync di aplikasi TikTok serta mengunggah foto-foto kenangan lama yang lucu-lucu. Serta berbagi meme dan humor. Bagi artis dan komedian, Instagram juga merupakan media sosial yang pas. Mereka berakting, melucu, dan mengunggahnya secara live sehingga dapat berinteraktif langsung dengan penggemarnya.

Bagaimana jika mengisi hari-hari dengan kursus online? Tertarik satu bahasa asing tapi belum sempat kursus karena biasanya sibuk bekerja sampai malam? Kenapa tidak mencobanya sekarang. Saat ini hampir semua kursus ditawarkan secara online. Tinggal pilih yang sesuai keinginan. Bahkan beberapa situs menawarkan kursus online gratis. Mari kita manfaatkan. Selain itu, kita juga bisa belajar dari YouTube. Dari YouTube pula kita dapat belajar bersama anak-anak. Dari mulai segala macam resep masakan, belajar melukis, belajar membuat keramik, bahkan cara memperbaiki peralatan rumah yang rusak!