KabariNews –  Banyak yang mengatakan Amerika adalah tanah yang menjanjikan.  Siapa saja dapat menjadi warga negara Amerika dengan beberapa persyaratannya. Menjadi siapa saja bahkan menjadi seorang tentara sekalipun.  Tak terkecuali bagi dua orang keturunan Indonesia ini.  Ya, Jonggy Manguhum Simandjuntak dan Kristania Virginia Besouw.

Jonggy Manguhum adalah pemuda kelahiran Kaiser Permanente Oakland, California yang ber-orangtuakan Warga Negara Indonesia.  Jonggy merupakan warga negara AS karena memang lahir di sana yang kemudian memilih militer sebagai jalur profesinya. Jonggy masuk U.S. Army dengan masa kontrak selama 4 tahun. Selesai kontrak, kapan saja bisa di panggil untuk serve. Di U.S. Army, dia bekerja sebagai legal assistant.

Jonggy  mengatakan kepada Kabari beberapa tahun yang lalu, dirinya memang mempunyai angan-angan masuk militer sedari masih duduk di bangku sekolah, terlebih Militer AS. “Saya menyukai militer adalah karena saya  suka kenyataan dimana  bekerja untuk organisasi yang hebat di dunia. Tidak ada orang yang tidak mengetahui tentang militer AS dan saya bangga menjadi salah satu bagian dari mereka” kata Jonggy. “Ketika di SMA, saya berencana untuk bergabung ke ROTC (Reserve Offi cer Training Corps), semacam pelatihan di kampus dan menjadi polisi, tetapi teman saya mulai membicarakan bergabung di militer AS dan saya kemudian mengikutinya. Mengikuti training selama 6 bulan sebelum dikirim ke Korea, bertugas selama 14 bulan”

Selama berada di sekolah akademi militer atau  AIT (Advance Individual Training), militer AS mengajarkan dia akan keterampilan hukum untuk pekerjaannya sebagai paralegal. Jonggy diajarkan oleh senior paralegal dan pengacara mengenai luar dalamnya Uniform Code of Military Justice. “Saya merasa lebih orang (warga negara) Amerika dan saya sangat berjiwa patriotik. Saya bangga menjadi orang Amerika dan saya siap membela Amerika kapan pun negara membutuhkan saya. “ tuturnya

Jonggy yang  saat itu menjadi Private First Class saat masuk,  juga menambahkan  tidak ada diskriminasi di U.S. Army. Dan mempelajari, bahwa kerjasama tim adalah yang terpenting. “Tidak hanya di militer, tetapi juga di kehidupan sehari-hari. Sekumpulan orang bekerja bersama dalam waktu yang sama dan tahu pekerjaan masing-masing. Bahkan anggota terkecil pun dihitung karena tanpa usaha mereka bagaimana kita bisa meraih seratus persen” kata Jonggy.

Selain Jonggy Manguhum, ada pula  Kristania Virginia Besouw yang akrab disapa Kristy. Wanita yang  lahir di Manado 30 tahun silam ini tercatat sebagai tentara di US Army. Seperti dilansir dari berbagai sumber, wanita cantik ini sebelum bergabung dalam US Army dulunya merupakan Miss Manado di tahun 2004 dan pernah memenangi Miss Indonesia 2006.

Di ajang Miss Indonesia 2006 itu, Kristy mampu menyisihkan para pesaingnya dari seluruh provinsi di Indonesia dan berhak menerima mahkota estafet dari Imelda Fransisca yang merupakan Miss Indonesia 2005. Sejak menyandang status Miss Indonesia dan ajang Miss World 2006, Kristy sibuk terlibat di UNICEF untuk melakukan penyuluhan tentang pentingnya imuninasi campak saat bayi. Bahkan dia sempat mendapat sebutan Ratu Campak karena aktifnya mengampanyekan imunisasi campak bagi bayi.

Sejak melepas predikatnya sebagai Miss Indonesia tahun 2006, Kristy lalu menikah pada tahun 2008 dengan pria lulusan kedokteran pada sebuah universitas di Filipina. Kristy kemudian studi dan mengambil Jurusan Nursing di AS. Selesai studi, ia lalu bekerja di sebuah rumah sakit. Akhir tahun lalu, Kristy mendapat informasi tentang perekrutan anggota untuk warga negara asing. Tetapi syaratnya sudah harus lama tinggal di sana, dan dokumennya lengkap. Kristy ikut tes lulus dan lulus.

Penampilan Kristy berubah drastis,  kini dia terlihat lebih maskulin dengan seragam loreng. Dalam beberapa foto yang diunggah lewat akun Instagramnya, @kristiana, Kristy bahkan kerap berpose tanpa polesan make-up sama sekali. Pada 11 Februari 2015, Kristy mengunggah fotonya berseragam tentara US Army. “Got my #unitpatch! #happydance ye ye!!! #armystrong #proud,” tulis Kristania dari lokasi Fort Hood Army Post. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75661

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1