Ada beberapa fakta penting mengenai mineral yang patut kita simak. Mineral diperlukan oleh tubuh kita, tentu sudah kita tahu. Namun, ternyata kekurangan mineral bisa memicu kerusakan tubuh dengan lebih cepat dan membuat kita menjadi lebih cepat tua.

Untuk unsur mineral tertentu, hanya dibutuhkan sedikit dalam tubuh. Kendatipun hanya dibutuhkan sedikit, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut adalah fakta penting mengenai mineral.

Dua Jenis Mineral

Untuk kebutuhan tubuh, mineral dibedakan menjadi 2 bagian.

  • Makroelemen (mineral makro)

Disebut dengan makro karena tubuh memerlukannya dalam jumlah besar. Untuk orang dewasa, diperlukan lebih dari 100 mg perhari. Yang termasuk dalam mineral makro adalah: kalsium, kalium, sulfur, natrium, klorida, magnesium, dan fosfor.

  • Mikroelemen (mineral mikro)

Dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Bagi orang dewasa, kurang dari 100 mg per hari. Yang termasuk dalam mineral mikro ini adalah: mangan, besi, kuprum, tembaga, fluor, dan seng. Ada golongan lain yang dibutuhkan lebih kecil lagi yaitu kurang dari 1 mg per hari yaitu selenium, yodium, boron dan lain-lain.

Kekurangan Mineral

Mineral dapat hilang dari tubuh kita melalui proses keluarnya urin, keringat, rambut, dan kuku yang tumbuh. Hal lain yang menyebabkan mineral terbuang adalah jika kita terkena diare, muntah, dan luka.

Kekurangan mineral bagi tubuh dapat menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh.   Kesehatan dan kebugaran tubuh akan terganggu, sehingga mudah terserang penyakit. Tak dipungkiri, kekurangan mineral berkepanjangan akan menyebabkan seseorang akan menjadi lebih cepat tua.

Konsumsi Cukup Mineral

Mineral banyak terkandung dalam sayur-sayuran, daging, keju, ikan, buah-buahan, telur, susu dan hati. Untuk mendapatkan manfaat mineral dalam tubuh, pada saat bersamaan dibutuhkan vitamin. Jadi, vitamin dan mineral harus dikonsumsi bersamaan setiap harinya. Untuk kondisi tubuh yang menurun atau defisiensi, dibutuhkan suplemen mineral dalam waktu singkat. Untuk mengetahui seberapa besar suplemen yang dibutuhkan, bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55988

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :