Kartini Masa Kini by DeChantiQue yang digelar di Art Galery Bentara Budaya, Jumat, 26 April 2024 menampilkan sebuah perayaan yang menggabungkan keberanian, inovasi, dan keanggunan dalam koleksi fashion eksklusif.

Inspirasi dari sosok Kartini by DeChantiQue memandu langkah-langkah kreatif dalam memadukan kain wastra tradisional dengan sentuhan modern, menciptakan karya yang menjadi sorotan dalam setiap kesibukan.

Acara yang digelar oleh penyelenggara Stylo indonesia dan Kompas Gramedia ini mempersembahkan 30 rancangan eksklusif dari DCQ, menghadirkan kesederhanaan yang elegan dengan sentuhan kain wastra dari Batik Brandan dan Wastra Semarang. Mulai dari busana casual etnik hingga gaun malam yang memukau, setiap rancangan menggambarkan keunikan dan keindahan warisan budaya Nusantara.

Mengusung konsep keberagaman, Kartini Negeri 2024 menampilkan muse dan duta yang mempesona, seperti Glory Oyong, Asma Nadia, Nana Riwayatie, Ita Adnan, dan Trinia.

Ning Santoso yang menjadi salah satu penerima penghargaan Kartini Negeri 2024 ini mengatakan kolaborasi dengan Batik Brandan dan Batik Wastra Semarang menghadirkan filosofi dan keindahan yang mendalam.

Motif-motif geometris dan bunga-bunga yang merekah memperkaya pesona koleksi ini, sementara simbol-simbol seperti payung, tanjak, keris, dan sampan melambangkan nilai-nilai kearifan lokal yang kaya.

Filosofi dari Serumpun Melayu melambangkan satu kesatuan yang menyeluruh dari kehidupan masyarakat melayu yang agamais dan menjunjung tinggi adat istiadat. Payung melambangkan pemimpin yang mengayomi dan bijaksana. Tanjak melambangkan persatuan dan kewibawaan harkat dan martabat. Keris melambangkan pemimpin yang gagah berani.

Sedangkan Sampan melambangkan sebagian masyarakat melayu memiliki mata pencarian sebagai nelayan. Padi Melambangkan kekayaan alam tabah melayu dan mata pencarian masyarakat melayu sebagai seorang petani. Dua pasang kekasih yang sedang menari melambangkan kasih sayang dan Tepak melambangkan masyarakat melayu yang terbuka dan ramah serta penuh kasih sayang.

Sementara Batik Wastra Semarang berupa Lereng Seling Sekar dan Merak Megar adalah contoh batik yang memukau dengan kualitas premium dan makna mendalam. Dan Sinom membawa pesan kebahagiaan dan semangat baru melalui motif daun asem muda yang ceria.

Dengan dukungan dari model-model terampil by Leonard, Makeup Designer by Anie Crea make up Artis dan Make up Model by Paragon, setiap penampilan dalam fashion show ini memancarkan kecantikan dan kepercayaan diri yang memikat.

Kartini Masa Kini adalah sebuah persembahan yang menggugah dan memukau, memadukan tradisi dengan inovasi dalam sebuah perayaan keanggunan dan keberanian.

Sumber foto: Ning Santoso

Baca Juga: