Menapaki jejak sebagai seorang fashion designer di tanah air masih terbilang baru. Namun karya busananya berhasil menarik perhatian. Bahkan berhasil dipertunjukkan di Milan, Italia.

Semua berkat bakat, hasrat dan kerja keras serta komitmen. Geralda Almira kini dengan brandnya bernama, bygeraldaalmira, berusaha menyuguhkan karya busana terbaik untuk negeri.  

Kepada KABARI, Geralda bercerita bakat dalam mendesain  sudah tampak sejak kecil. kemampuan itu turun dari keluarganya yang berbisnis fashion wedding. Suatu hari di sekitar usia delapan tahun, ia membuat sendiri model baju yang akan dipakainya untuk bermain biola di panggung. Saat itu ibunya ikut membimbing keinginannya yang kuat.

Keinginannya  untuk terus belajar mendesain baju membuat ia berkukuh masuk sekolah desain.

”Di SMA saya masuk jurusan IPA, tapi saya tetap senang menggambar desain baju, he-he-he. Mama sempat minta saya ikut ujian masuk perguruan tinggi negeri, tetapi beruntung kuliah di Raffles Design Institute Jakarta sudah dimulai bulan Juli. Jadi, saya harus segera mendaftar ke situ, enggak sempat ikut SMPTN,” ujarnya.

Geralda mau belajar, mengerjakan proyek kuliah, apalagi untuk kebutuhan lomba hingga dini hari.  

 ”Sering tidak tidur sama sekali biar proyeknya selesai tepat waktu dan dengan hasil baik karena di Raffles, jahitan kurang bagus pasti ditolak, apalagi ada kesalahan lain,” kata Geralda.

Oh iya kenapa memilih Raffles Design Institute, menurutnya Raffles seusai dengan tipe desain Geralda.  “Saya melihat fashion ini bukan sekedar fashion saja, saya ingin belajar lebih dalam lagi kira-kira kampus mana yang cocok dengan desain,” tutur wanita asal Yogyakarta yang lulus Juli 2022 ini.

Nah, bicara soal fashion show Geralda Almira merupakan salah satu desainer muda berbakat Indonesia yang sebelumnya berhasil menjadi satu-satunya finalis Asia Tenggara pada International Mittelmoda Competition di Milan, Italia pada September 2022.

“Rasanya saya bersyukur juga bisa terpilih dalam International Mittelmoda Competition waktu itu ,”imbuhnya

Dengan mengkombinasikan contemporary style, ia menjadikan batik dari kota kelahirannya, Yogyakarta sebagai masterpieces yang tak kalah saing dengan karya dari desainer dunia lainnya.

Dengan garis desain bold dan boxy, Geralda juga ingin mengangkat budaya Indonesia dalam karya busana penggabungan antara tradisional dan kontemporer

“Saya ingin mengangkat kebudayaan Yogyakarta, dari keseniannya, pimpinannya yang saya representasikan melalui fashionnya. Salah satunya Batik Prada, saya ingin mengenalkan batik Prada ke masyarakat. Kembali mengingatkan kekayaan wastra Indonesia, salah satunya adalah Batik Prada,” tutur Geralda yang menjadi pemenang Asia NewGen Fashion Award Indonesia 2023 yang diadakan oleh Harpers Bazaar Indonesia.

Ke depannya, Geralda ingin semakin mengembangkan brand bygeraldaalmira dan privebygeralda sembari membantu usaha keluarganya.

Baca Juga