Tahukah Anda, rakyat Indonesia punya cara unik untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Ada beberapa perayaan yang tercatat di MURI dan mencetak rekor dunia, berikut ini beberapa peringatan HUT Kemerdekaan RI yang cukup fenomenal sebagai kado termanis untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

HUT RI 63 – Pesta rawon pecahkan rekor nasional

17 Agustus 2008, peringatan HUT RI ke-63 dirayakan cukup unik yaitu dengan menggelar pesta rawon di Lapangan Tugu Pahlwan Surabaya. Di lapangan luas itu digelar pemecahan rekor MURI untuk kategori pemakan rawon setan terbanyak. Diikuti sebanyak 1000 peserta. disiapkan panci super besar dengan diameter 6,3 meter di tengah lapangan. Sambil menunggu rawon dibagikan ke mangkuk-mangkuk, para peserta berdiri berjajar dan berbaris di meja yang telah disediakan. Begitu aba-aba makan dimulai, para peserta langsung menghabiskan rawonnya masing-masing. Tidak sampai 15 menit satu panci rawon setan habis. Acara ini memecahkan rekor MURI dan cukup fenomenal.

HUT RI 64 – Ribuan penyelam gelar upacara bawah laut

Rekor penyelam pantai malalangSenin, 17 Agustus 2009, rekor upacara bawah laut dipecahkan oleh ribuan penyelam untuk memperingati HUT RI ke -64. Upacara bawah laut diikuti 2827 orang, yang terdiri dari 2700 penyelam lokal, penyelam VIP dan 76 penyelam partisipan dari manca negara. Peserta yang ikut diantaranya marinir dari Australia, Inggris, Filipina, juga diikuti mahasiswa dan seluruh club selam nusantara serta angkatan laut, angkatan darat, angkatan udara dan kepolisian RI maupun masyarakat umum. Tak hanya tercatat Muri, upacara bawah laut yang digelar di perairan Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara itu juga masuk dalam Guinness Book of Record sebagai rekor selam dengan jumlah penyelam terbanyak. Kado HUT RI ke-64 ini juga disaksikan langsung oleh wakil Guinness Book of Record dari London, Inggris.

HUT RI 68 – Rekor pengibaran bendera terbesar di Indonesia

rekor membentangkan bendera merah putihSabtu, 17 Agustus 2013, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68 Tahun 2013, Satuan Brigif 6/2 Kostrad membentangkan bendera merah putih raksasa di aliran atas sungai Bengawan Solo. Bendera dengan berat 100 kilogam dan berukuran 130 x 90 meter tersebut dibentangkan tepat di sisi timur Jembatan Bacem, Grogol, Sukoharjo. Ratusan anggota TNI dari berbagai kesatuan di Solo berhasil membentangkan bendera dengan bantuan tali yang dibentangkan berjajar. Hanya dalam waktu 15 menit bendera berhasil dibentangkan. Muri (Museum Rekor Indonesia) mencatat bendera yang dikibarkan sebagai bendera terbesar di Indonesia, memecahkan rekor bendera merah putih terbesar sebelumnya berada di Papua dengan ukuran 120×75 meter. Pembuatan bendera ini diprakarsai oleh TNI dan sejumlah elemen masyarakat. Kegiatan ini putih merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-68, sekaligus rencana pemecahan rekor MURI pengibaran bendera raksasa.

HUT RI 68 – Pengibaran bendera di puncak gunung
2500 pendaki rayakan HUT RI di puncak gunung ciremai17 Agustus 2013, kegiatan unik dilakukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68. Pengibaran 1.000 bendera Merah Putih di puncak Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. Selain mengibarkan bendera, para pendaki juga menggelar upacara detik-detik Proklamasi. Upacara pengibaran bendera pun digelar puncak gunung Ciremai, sekitar 2.500 lebih pendaki ikut melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-68. Kegiatan ini resmi dikukuhkan sebagai kegiatan wajib yang akan digelar setiap tahunnya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67800

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah