Pernahkah melewati jalan protokol utama di Jakarta, Jalan Sudirman? Tentunya semua di antara kita pasti pernah melewatinya walau hanya satu kali. Dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit yang merupakan pusat bisnis dan perkantoran di Jakarta tersebut selain menawarkan pemandangan ala Jakarta dengan gedung perkantorannya, ternyata menyimpan satu hidden gem di balik kemegahan gedungnya.

Adalah Growink Cafe, kafe yang mengusung konsep interior sederhana ala Jepang ini memberikan ambience yang hangat, cozy dan nyaman. Selain menyajikan bermacam suguhan kopi dan racikan signaturenya, Growink juga menyediakan bermacam kudapan ala Jepang. Seperti imagawayaki, sajian imut berhiaskan bunga yang sekilas terlihat seperti martabak manis ala Indonesia, namun legit memiliki rasa yang berbeda.

Tersedia dalam bermacam rasa seperti anko atau kacang merah, custard, cokelat, stroberi, matcha dan juga karamel, kudapan satu ini menjadi favorit warga negara Jepang yang memang rata-rata bekerja di gedung tersebut.
“Kalo favorit orang Jepang sendiri sih yang kacang merah, mereka suka beli dalam jumlah banyak biasanya untuk stok,” ungkap Iqbal, staf barista di Growink Cafe, dalam keterangan tetulis yang diterima KABARI.

Berbicara mengenai menunya yang lain, Iqbal juga menjelaskan bahwa mereka juga menyediakan bermacam kopi signature yang lazim ditemui di kedai kopi manapun, namun dengan racikan yang berbeda dan rasa yang tentunya istimewa.

Signature kopi mereka kuat karena menggunakan coffee blend yang langsung diproduksi ala Jepang. Beberapa racikan menu coffee-based yang tersedia di sini ialah affogato, cafe latte, cappuccino, juga bermacam minuman baik yang tea-based maupun bukan.

Snack atau kudapan lain juga dapat kamu temui di kafe ini antara lain ialah, mini canele, chiffon cake, cookies dengan bermacam varian rasa, dan juga brownies bite. Di sini juga terdapat snack sehat ringan yaitu kripik tempe dengan racikan bumbu ala Jepang yaitu katsuo-nori.

Khusus saat santap makan siang, kafe ini menyediakan layanan terbatas untuk memesan lunch set yang hanya tersedia dari jam 10 hingga 2 siang. Ada set menu ala Jepang yang tersedia seperti Curry Rice dan Chicken Keema Curry. Atau untuk yang masih menginginkan hidangan nusantara juga masih ada set menu seperti bakso dan soto. Namun jika Anda adalah tipe yang ingin eksplore tipe makanan lainnya, Growink juga menyediakan bermacam sandwich ala barat yang tersedia, seperti Smoked Beef, Pizza Toast, Egg Sandwich dan Croque Monsieur.

Jam operasional kafe ini sendiri mengikuti jam operasional kantor dikarenakan letaknya yang berada di gedung perkantoran. Growink Cafe terletak di Wisma KEIAI lantai 2, Jalan Sudirman Kav no. 03, Jakarta Pusat. Mereka buka dari Senin-Jumat di jam 8 pagi hingga jam 7 malam, dan di hari Sabtu dari jam setengah 10 hingga setengah 6 sore saja, sementara di hari Minggu dan public holiday lainnya mereka tutup.

Tentunya kedai kopi hidden gem ini sangat sayang jika dilewatkan, apalagi jika kamu sedang mencari tempat sekedar nongkrong, ngopi, nugas, meeting online dan conference, ataupun tempat bekerja saat WFA atau work from anywhere.

Oh iya, ada info lain yang bisa didapat saat berkunjung ke sini, jika pecinta budaya Jepang, anime atau segala pop-culturenya, selain menawarkan minuman, kudapan dan vibe yang Jepang abis, di sini Anda juga bisa menyewa komik berbahasa Jepang langsung dan membaca sepuasnya hanya dengan membayar paket read all day long.