Bersepeda tidak diragukan lagi membangkitkan kenangan masa kecil, entah itu bersepeda ke sekolah atau berkumpul dengan teman-teman. Selain itu, bersepeda adalah latihan kardio yang terkenal, sederhana, namun efektif. Bersepeda bukan hanya aktivitas luar ruangan yang menyenangkan tetapi juga cara yang bagus untuk tetap bugar dan sehat.

Bersepeda telah lama dipuji sebagai bentuk latihan yang fantastis, dan jelas alasannya. Bagaimanapun, bersepeda atau bersepeda adalah latihan aerobik terbaik. Ini akan membantu Ada membakar kalori dan membangun kaki, pinggul, dan glutes selain tubuh bagian bawah Anda. Ini adalah pilihan yang bagus jika menginginkan latihan yang mudah di punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Bersepeda juga merupakan bentuk olahraga yang paling sederhana dan paling mudah diakses.

Berikut adalah 7 manfaat bersepeda:

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Cardio berarti jantung, dan bersepeda membantu memperkuat otot jantung, yang mengarah pada peningkatan kesehatan kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Glasgow, orang yang bersepeda setiap hari mengalami manfaat kesehatan yang penting, termasuk peningkatan fungsi kardiovaskular dan penurunan risiko penyakit terkait jantung.

2. Membantu menurunkan berat bada

Bersepeda sering dianggap sebagai salah satu pilihan berdampak rendah yang baik untuk latihan aerobik. Bersepeda adalah latihan yang bagus untuk membakar kalori dan, selain latihan kekuatan, bersepeda dapat membantu seseorang mengatur berat badan mereka karena meningkatkan laju metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan paru-paru

Sistem pernapasan dikaitkan dengan pernapasan, dan selama bersepeda Anda harus banyak bernapas, yang membantu meningkatkan kesehatan kardiorespirasi dan menjaga tekanan darah tetap terkendali. Aktivitas fisik seperti bersepeda, dapat membantu sistem kekebalan tubuh melindungi seseorang dari infeksi saluran pernapasan seperti SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

4. Meningkatkan tingkat kebugaran

Bersepeda adalah aerobik ketika Anda melakukannya untuk durasi yang lebih lama dengan kecepatan tetap, serta anaerobik. Saat berkendara menanjak, sangat membantu untuk menargetkan kedua sistem Anda, sehingga meningkatkan tingkat kebugaran.

5. Dampak rendah pada persendian

Bersepeda adalah bentuk latihan berdampak rendah, menjadikannya pilihan yang aman untuk orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan persendian yang lemah atau rusak. Karena kaki Anda tidak mendarat di lantai seperti berlari atau melompat, bersepeda sangat membantu dalam memberikan Anda latihan yang baik tanpa memberi tekanan ekstra pada persendian. Bersepeda sangat bagus untuk wanita, karena mengurangi kemungkinan mengembangkan masalah seperti osteoartritis.

6. Meredakan stress

Bersepeda adalah cara yang bagus untuk berolahraga secara teratur dan tetap bugar, tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Sebagai kegiatan yang menyenangkan, ini mengalihkan pikiran dari stres dan kecemasan sehari-hari dengan mengembangkan rasa tenang dan nyaman. Dengan lebih sedikit masalah kesehatan mental , Anda juga akan mengalami siklus tidur yang baik dan menjadi energik.

7. Mudah dan ramah lingkungan

Bersepeda juga merupakan jenis aktivitas fisik yang relatif mudah dan terjangkau untuk memulai bagi seorang individu karena tidak memerlukan keterampilan utama karena Anda hanya dapat mengambil sepeda Anda dan mulai bersepeda.

Selain manfaat kesehatan tersebut, bersepeda juga ramah lingkungan. Ini adalah moda transportasi yang paling berkelanjutan dan tidak menyebabkan kerusakan lingkungan dibandingkan dengan kendaraan bermotor, yang menyebabkan banyak polusi suara dan mengeluarkan gas yang sangat berbahaya.