Berawal dari melihat sampah yang bertebaran dan mengapung di pantai, akhirnya jadilah perusahaan air minum eco-friendly, Just Water, yang kemasannya ramah lingkungan.

Kepedulian lingkungan anak aktor Will Smith ini pantas diacungi jempol. Dengan dukungan ayahnya maka idenya pun dapat terwujud. Saat Jaden berumur 10 tahun. kegemarannya surfing di laut, dia melihat banyak botol-botol plastik mengapung. Itu membuatnya sedih. Lalu diceritakan pada orang tuanya dan meminta bagaimana caranya agar dia dan orang tuanya dapat melakukan sesuatu untuk membersihkan laut.

Di balik penampilannya yang cuek, ternyata Jaden Christopher Syre Smith, kelahiran 8 Juli 1998 ini cukup peka dengan lingkungan sekitar. Bahkan ayahnya sendiri mengaku kaget melihat anak umur 10 tahun sudah peduli melihat sampah-sampah botol mengapung dan ingin melakukan sesuatu untuk membersihkannya. Sekarang ini Jaden sudah bisa menjalankan dan bertanggung jawab sendiri dengan perusahaan dan produk yang dihasilkan. Ayah dan ibunya, Jada Pinkett, hanya sesekali mendampingi.

Mengutip Will Smith saat di wawancara Associated Press, perusahaan ini lahir dari ide sederhana anak yang mencintai laut. Anak ini ingin laut itu bersih dari sampah terutama botol-botol plastik. Sampah tentunya akan mencemari air. Karena itulah diciptakan produk air bersih yang dikemas dalam botol yang ramah lingkungan. Bukan terbuat dari plastik tapi dari bahan kertas dan tebu.

Mereka tidak ingin mengandalkan nama beken. Karena mereka selebriti sehingga cepat ditengok dan sukses. “Kami ingin orang tahu dan membeli produk ini karena mereka peduli terhadap produknya dan peduli lingkungan,” ujarnya. Mereka menginginkan perusahaan yang dibangun sejak tahun 2015 ini pemasarannya tanpa embel-embel mencantumkan nama mereka. Misinya adalah orang-orang dapat menerima produk ini bukan karena selebriti yang menjualnya.

Saat ini Jaden aktif melakukan kampanye Just Water di sekolah-sekolah sambil berbicara tentang bahayanya sampah plastik, polusi, serta cara penanggulangannya. Salah satunya dengan membuat botol air minum lebih ramah lingkungan dan mudah menyatu kembali ke alam. Botol Just Water sebagian besar terbuat dari kertas dan tutupnya dari tebu. Mudah di daur ulang dan dapat digunakan berulang kali. Just Water ini di pasarkan di Whole Foods di Amerika, selain dapat dibeli secara online dan langsung dari situsnya, www.justwater.com., dengan harga terjangkau.

Jaden yang dikenal sebagai penyanyi, rapper, penulis lagu dan aktor ini memulai debutnya di film The Pursuit of Happyness (2006) kemudian berturut-turut di film The Day The Earth Stood Still (2008), The Karate Kid (remake, 2010), The Good Lord Bird (2014) dan yang terakhir di main di film Netflix Original, The Get Down dan pengisi suara di Neo Yokio. Sekarang ini kesibukannya lebih berfokus pada musik dan mempromosikan Just Water. Kegiatan terbarunya adalah bekerja sama dengan First Trinity Missionary Baptist Church di Flint, Michigan membawa sistem penyaringan air untuk menyaring dan membersihkan timbal dan polusi dari air yang ada di Flint. Sehingga penduduk di sana mendapatkan air layak minum. (foto:Istimewa)