Batik tak dipungkiri menjadi busana yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Batik menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara ini karena telah menjadi warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Kebanggaan akan batik juga dicurahkan oleh selebgram Rani Ramadhina yang sering menggunakan busana batik di momen-momen tertentu.

Dirinya bangga Indonesia memiliki batik. “Apalagi sekarang Batik  tidak hanya dipakai dan disukai oleh orang Indonesia tetapi juga disukai dan dipakai artis mancanegara,” tuturnya kepada KABARI.

Batik juga sudah merambah ke mancanegara juga.  

“Sangat bangga sekali kita punya batik sebagai warisan budaya yang luar biasa dan harus kita jaga agar terus lestari. Jangan sampai Batik diklaim oleh negara lain, kita harus amankan batik sebagai warisan budaya Indonesia,” katanya.

Menyinggung soal batik favorit, bagi Rani yang penting  batik saat digunakan pas di badan dan memiliki corak dan bahan yang bagus.

Rani tidak mengkhususnya dirinya suka dengan batik dari daerah mana, misalnya batik Solo, Pekalongan, dan lainnya. Yang penting baginya batik itu nyaman jika digunakan.