World Royal Heritage Festival

Sejak kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, banyak sekali pesta rakyat yang digelar di Ibukota. Mulai dari perayaan tahun baru, HUT Jakarta, karnaval budaya, pasar malam, bazar murah, perayaan keagaman sampai dengan olahraga, semua dipersembahkan  untuk masyarakat Jakarta.  Bahkan, rencananya mulai tahun 2014 mendatang, setiap akhir pekan Pemprov DKI akan rutin menggelar pesta rakyat di Jakarta.

Ingin mengenalkan Jakarta sebagai kota budaya, tak tanggung-tanggung ratusan kerajaan dari seluruh nusantara termasuk luar negeri didaulat untuk hadir dalam festival kerajaan di Jakarta. Tepatnya tanggal 5-8 Desember Pemprov DKI Jakarta akan menggelar acara yang tidak kalah fenomenal. Untuk pertama kalinya mantan Walikota Solo ini mengelar pameran pusaka dan kerajaan sedunia di Jakarta. Acara dipusatkan di Monumen Nasional, Jakarta dan dibuka gratis untuk umum.

Acara yang diberi tema ‘World Royal Heritage’ ini merupakan festival international yang diikuti oleh anggota Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN). Forum tersebut terdiri atas 169 Kerajaan, Kasunanan, Kasultanan, Penglisir, Pemangku Adat dari seluruh Indonesia. Selain itu, festival ini juga mengundang 11 kerajaan asing, diantaranya Malaysia, Singapura, Filipina, Norwegia, Swedia, Jepang, Saudi Arabia, Oman, Brunei, Inggris, dan Denmark. Akan turut hadir pula  pihak akademisi, pakar, serta pengamat dan pelestari budaya.

Acara terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisara dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta dengan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. Selain karnaval, acara juga akan diisi dengan pameran pusaka-pusaka bersejarah, pakaian daerah, Kirab Budaya, kuliner nusantara dan dunia, serta kerajinan dari berbagai kerajaan yang menjadi peserta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60330

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero