Seperti juga kata ‘please’ atau ‘tolong’, kata ‘thank you’ atau ‘terima kasih’ juga janganlah diabaikan. Meski terdengar singkat tapi sangatlah berarti bagi yang menerimanya. Bukan hanya ketika kita mendapat bantuan atau hadiah besar, perlu mengucapkan terima kasih. Tapi saat mendapatkan hal-hal yang kecil atau pujian kecil, janganlah pelit mengucapkannya. Pada siapa saja, baik teman sebaya, yang lebih tua atau yang lebih muda, bahkan pada ‘mbak’ kita di rumah yang tak pernah lupa membukakan pintu pagar, memasak untuk seluruh rumah dan membersihkan kamar kita. Kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ adalah wajib. Banyak cara untuk mengucapkannya.

Mengucapkan Langsung

Ucapkan langsung terima kasih saat mereka memberikan sesuatu, menolong memperbaiki sesuatu, membukakan pintu, bahkan pada hal kecil seperti mengambilkan kertas yang jatuh dari bukumu. Saat mereka memberikan pujian, ‘Tas kamu bagus’, tak perlu menjawab panjang lebar dengan mengatakan dari mana tas kamu berasal lalu lupa mengucapkan terima kasih. Mereka tak peduli, cukup langsung ucapkan terima kasih saja. Lupa mengucapkan langsung, segera ucapkan lewat telepon.

Mengirim Kartu

Kartu ucapan terima kasih mudah ditemukan sekarang ini. Pilihlah yang berkaitan dengan sesuatu yang telah kita terima atau sesuatu yang mereka suka. Lebih berarti lagi kalau kita membuat kartunya sendiri dan menulisnya dengan tulisan tangan. Usaha ini menyiratkan, bahwa kita sangat menghargai pertolongan atau pemberian mereka dan berterima kasih secara tulus.

Memberi Kesukaannya

Berikan sesuatu yang disukainya. Tak perlu sesuatu yang besar dan mahal. Misalnya buku, CD atau asesori mungil yang sering dipakainya. Dapat diberikan secara langsung, dapat pula dikirimkan lewat pos kalau susah bertemu. Selain berterima kasih juga sekaligus dapat menjadi kejutan.

Mengajak Makan

Ajak ke tempat makan favoritnya atau justru mengajaknya ke tempat makan baru atau yang belum pernah didatanginya. Saat mengajak, jangan katakan bahwa kita akan traktir, karena barangkali mereka menolak. Saat membayar, barulah katakan bahwa itu sebagai ucapan terima kasih.

Menawarkan Bantuan

Menawarkan bantuan sebagai pengganti terima kasih. Menjaga dan mengajak anjingnya jalan saat mereka liburan, membantu menata kebun atau membantu apa saja yang sedang mereka kerjakan. Pasti mereka akan sangat menghargainya.

Membuat Kue

Membuat kue sendiri dan diberikan sebagai ucapan terima kasih, pasti sangat berarti. Kalaupun kita tak bisa membuat sendiri, beli atau pesanlah ke tempat yang sudah terbukti enak dan mengirimkan atau memberikannya secara langsung. Terutama jika akan mengembalikan tempat makanan atau tupperware yang kita pinjam, sebisa mungkin jangan kembalikan dengan kosong. Isilah dengan kue atau makanan didalamnya. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?47778

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :