Ingin belanja tapi bingung dengan harga-harga yang melambung? Mengapa tidak coba ke toko-toko lainnya yang tak kalah bagus barang-barangnya dengan pusat perbelanjaan atau di mal? Selain harganya lebih murah, juga lebih seru dan mendapat pengalaman baru.

Thrift Store

Seperti toko second-hand, barang-barang di sini adalah barang-barang bekas yang masih bagus dan biasanya didapat dari para penderma yang menyumbangkan bajunya. Karena itulah harga sangat murah. Tapi dijamin barangnya masih bagus, layak pakai dan bersih. Beberapa Thrift Store menyumbangkan hasil penjualannya kepada satu organisasi, tentunya setelah dipotong untuk bayar pajak toko, listrik, pengangkutan dan lain sebagainya. .

Thrift Store ini mulai banyak bermunculan saat perekonomian Amerika menurun. Belanja hemat makin populer. Orang-orang mulai melirik toko-toko yang menjual barang-barang murah dan bagus. Pada satu sisi, keadaan ini juga baik untuk organisasi-organisasi sosial yang mendapatkan sumbangann. Selain penghematan dan beramal, menurut para pelanggan, membeli barang di toko semacam Thrift Store ini jadi bagus untuk lingkungan karena daur ulang. Tak perlu menambah limbah. Toko ini juga populer di Inggris, Belanda dan Hong Kong. Jika melihat Goodwill Store, Savers dan Value Village, toko-toko itu juga masuk kategori Thrift Store.

Consigment Store

Toko ini merupakan toko titipan atau dengan kata lain barang-barang yang dijual merupakan titipan dari perorangan. Mereka menitipkan barang ke toko ini dan baru mendapatkan hasilnya setelah barangnya terjual. Seandainya ada pembeli menginginkan barang dikirim maka tanggung jawab serta ongkos pengiriman ditanggung oleh pemilik barang. Begitu juga jika ada kerusakan. Toko hanya sebagai tempat untuk menjual saja dan mendapat untung prosentasi hasil penjualan.

Harga barang disinipun sangat terjangkau,, karena kebanyakan merupakan barang bekas dengan kualitas yang bagus. Tapi tak menutup kemungkinan ada barang-barang baru, misalnya handmade, dari penitipnya. Mereka memiliki peraturan dalam waktu tertentu seandainya barang belum terjual maka penitip akan mengambilnya kembali.

Flea Market

Ada dua macam Flea Market, indoor atau outdoor. Lokasinya ada yang menetap, ada pula yang berpindah-pindah dan jadwalnya sebulan sekali, tiga bulan sekali, setengah tahun sekali atau tiap akhir pekan. Barang yang di jual di sini beragam, mulai dari barang bekas, atau barang buatan sendiri semacam baju atau kerajinan tangan serta barang baru. Beberapa Flea Market menawarkan benda-benda seni, bahkan tanaman serta fresh produce yaitu buah dan sayuran segar. Flea Market yang outdoor sering ada yang menjual makanan atau minuman.

Awalnya Flea Market ini merupakan sebuah tempat untuk menjual kuda di tahun 1873 yang merupakan Flea Market pertama di Amerika. Tepatnya di Canton, Texas. Setelah itu di tahun 1900-an, Flea Market menjadi tempat penjualan barang-barang antik. Kemudian berkembang makin beragam yang dijual dan tak lagi menjual kuda, karena mulai berkembang di kota-kota besar. Kenapa namanya Flea Market, merupakan cerita tersendiri. Menurut cerita, nama ini asalnya dari Fly Market yang muncul di New York di abad 18, satu cerita lain, berasal dari pasar di Perancis, Marche Aux Puces, yang diterjemahkan bebas menjadi Flea Market, di tahun 1860-an

Surplus Store

Toko ini khusus menjual barang-barang tentara yang digunakan oleh mereka seperti pakaian militer, ransel, tenda, bahkan senjata semacam pisau lipat. Awalnya, setelah selesai Perang Dunia II, pemerintah dan para militer bingung dengan pasokan barang yang berlebih dan tak dipakai lagi. Akhirnya, dari situlah muncul ide mendirikan toko yang khusus menjual barang-barang tersebut.

Di Surplus Store ini selain menjual barang yang memang milik atau yang biasa digunakan oleh para militer. Mereka juga menjual barang yang didesain baru tapi tetap bernuansa militer. Misalnya T-Shirt warna hijau, topi untuk camping, juga kaos kaki. Untuk yang suka memakai baju dan peralatan ala militer, inilah surganya. Soal harga, ada yang murah dan yang agak mahal. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.Kabarinews.com/?46659

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :