Kevin Ketaren suatu waktu pernah merasa resah. Resah melihat anak – anak muda tanah kelahirannya di Karo sudah mulai ragu untuk menggunakan baju atau fashion yang berbau etnik Karo, Sumatera Utara.

Dari sana Kevin berpikir jika tidak ada gebrakan, wastra dari Karo Sumatera bisa dilupakan atau bahkan punah. Tidak ada anak – anak muda lagi yang mau mengingat terlebih memakainya. Kebetulan Kevin bertemu dengan partner yang tepat yaitu Leny Rafael. Kevin pun membangun bersama Leny brand Kaloka.

Kaloka lahir pada Agustus 2022. Sebagai produk fashion kekinian, Kaloka ingin mengangkat etnik wastra nusantara Indonesia dengan mengkombinasikan bahan – bahan seperti linen dicampur dengan tenun supaya menciptakan wastra yang kekinian dengan harga yang terjangkau.

“Ciri khas yang pasti yang kita pegang teguh adalah kenyamanan untuk customer dan harga juga kita masih terjangkau. Dan selalu menggunakan wastra Indonesia seperti wastra Karo yang jarang diangkat. Kita lagi mengambil konsepnya lebih ke busana pria yang lebih milenial dan mengusahakan produk Kaloka ini bisa dipakai semua kalangan,” tutur salah satu pendiri Kaloka ini kepada KABARI.

Kaloka pun berhasil mencuri perhatian di acara Jakarta Food and Fashion Festival (JF3) 2023 yang diadakan pada tanggal 21-26 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading.

Dalam penampilan perdana mereka di JF3, Kaloka berhasil mencuri perhatian dengan mengusung tema motif wastra dari daerah Karo, Sumatera Utara. Desain baju yang ditampilkan oleh Kaloka menggabungkan elemen-elemen modern dengan motif wastra.

Dalam koleksi mereka, Kaloka menampilkan beragam gaya busana, mulai dari gaun, rok, blus, hingga kemeja dan celana dengan sentuhan motif tradisional. Mereka menkgombinasikan warna-warna cerah dan kaya, membuat koleksi yang ditampilkan menarik bagi berbagai kalangan, terutama generasi muda yang tengah mencari busana dengan identitas khas Indonesia.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Kaloka berharap brand mereka bisa membangkitkan kembali semangat generasi muda Indonesia dalam mengenakan busana berbahan wastra Nusantara.

“Kaloka sangat bersyukur di usia yang masih sangat muda ini sudah dapat kesempatan untuk tampil di panggung semegah dan bergengsi seperti JF3,” jelas Kevin.

Artikel ini dapat dilihat di Majalah Digital Kabari Edisi 191

Simak wawancara Kabari bersama Kevin Ketaren disini