KabariNews – Dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang jatuh pada pertengahan Mei mendatang. Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar acara kuliner Ramadhan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dari Negeri Paman Sam tersebut.

Dalam kegiatan tersebut menampilkan aneka sajian hidangan khas Ramadhan Indonesia dengan bahan olahan segar dari mulai buah, sayuran hingga daging.

Chris Rittgers dari US Agriculture Counselor

Chris Rittgers dari US Agriculture Counselor mengatakan Ramadhan di Amerika Serikat sama seperti di Indonesia. Komunitas muslim akan berkumpul bersama keluarga, teman dan orang terdekat untuk berbuka puasa bersama.

“Di Amerika, penduduk muslim memang sangat menanti datangnya bulan suci Ramadhan sama seperti yang terjadi di Indonesia dan negara-negara muslim lainnya. Namun, bagi mereka merayakan Ramadhan bukan hanya bicara tentang sajian kuliner saat berbuka puasa saja, namun yang penting bagi muslim di AS adalah berkumpul, berbagai makanan, dan menghabiskan waktu bersama keluarga,” ujar Chris Ritthgers dalam jumpa pers kuliner ramadhan di Amuz Gourment Restaurant, Jakarta, (9/5).

Selain itu, Christ menambahkan, semakin banyaknya penduduk muslim di negara Amerika, membuat suasana ramadhan di negeri Paman Sam tersebut kian berwarna setiap tahunnya. 

Menurutnya, penduduk dan pemerintah Amerika sangat menghormati keberagaman yang ada. Masyarakat bisa bebas dan leluasa menjalankan ajaran agamanya masing-masing tanpa takut terintimidasi.

“Dimana beberapa restoran dan cafe yang menjajakan makanan halal kini makin menjamur dan berkembang pesat di beberapa kota besar seperti di kota Chicago, Washington DC, North Virginia, Los Angeles dan masih banyak kota lainnya di Amerika. Mereka (restauran dan cafe) kini juga banyak menjual dan menghidangkan makanan halal yang bisa di konsumsi umat muslim di sana,” imbuh Christ.

Terkait dengan kuliner khas Indonesia yang masih jarang ditemui di negara adidaya itu, Chris Rittgers percaya bahwa ke depan kuliner dan makanan khas Indonesia akan bisa menembus pasar kuliner di Amerika.

“Kuliner di Indonesia sebenarnya bisa kok menembus pasar di Amerika. Apalagi kuliner Indonesia terkenal dengan banyak menggunakan rempah-rempah ternyata banyak disukai masyarakat di sana. Namun demikian yang ada saat ini adalah kuliner khas Indonesia yang dipadukan citarasa khas orang Amerika,” pungkas Chris yang suka dengan masakan Indonesia khususnya rendang.