Pemain sepakbola di Indonesia menyandang dua gelar sarjana sekaligus? Ya, tersebutlah nama George Brown, yang merupakan pesepakbola di klub Persebaya Surabaya yang memiliki dua gelar dari dunia pendidikan.

Sebelum bergabung dengan Persebaya, George sebelumnya kuliah di Ashland University, Ohio, Amerika Serikat dan langsung mengambil dua jurusan. Berhasil lulus pada Desember 2021, George menyandang gelar sarjana, sport management dan fashion merchandise.

Menurut George hal ini cukup istimewa bagi atlet profesional, terutama pada usia 23 tahun untuk memiliki dua gelar universitas sekaligus.

“Biasanya sebagian besar atlet mendapatkan gelar universitas menjelang akhir karir mereka, tetapi, saya melihat pentingnya mendapatkan pendidikan terlebih dahulu sebelum memulai karir profesional saya,” tutur pemain kelahiran London ini.

George menandatangani kontrak pertama pada usia 23 tahun karena ingin menyelesaikan pendidikan di universitas terlebih dahulu. Butuh banyak usaha dan waktu, tetapi George merasa sangat bangga memiliki dua gelar.

Kepada KABARI, George mengatakan memilih manajemen olahraga karena tertarik pada olahraga dan sisi bisnisnya. Ia  berpikir setelah berkarir di sepak bola, mungkin akan membuka agensinya sendiri dan membantu pemain lain mencapai impiannya karena George tahu betapa sulitnya menjadi pesepakbola, terutama mencoba untuk bergabung dengan tim.

Sementara untuk fashion, ia sangat tertarik dengan fashion merchandise. George dibesarkan di London, jadi fashion sangatlah penting. Dan dia telah memulai merek pakaiannya sendiri.

“Saat ini saya hanya melakukannya untuk bersenang-senang dan membuat keputusan yang saya sukai. Tapi semoga bisa lebih sukses ke depannya, jadi saya ambil jurusan fashion saja karena saya tertarik,” katanya

George berpendapat sangat penting bagi atlet profesional untuk mendapatkan pendidikan.

“Kami hanya bermain selama maksimal 15 tahun dan jelas 15 tahun tidak berarti bertahan seumur hidup Anda. Jadi pendidikan sangat penting karena Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan setelahnya karena kita tidak selamanya bisa bertahan dan bermain di sepakbola,” imbuhnya.

Saat di Ashland University, George bersama tim sepakbolanya pernah meraih gelar juara pada ajang GLIAC 2021 di Amerika Serikat. Gelar Juara GLIAC ini adalah yang kedua selama George kuliah di Ashland. George memilih Ashland University  atas tawaran beasiswa dari lima Universitas di AS karena tim sepak bolanya sangat bagus. 

Sebelum di Ashland,  sewaktu di Dubai George pernah menjadi best player dan top goal scores di Arsenal Soccer School Dubai. Dan Best Skill untuk Manchester United Soccer School South East Asia. Di Inggris, George pernah menjadi Best Player untuk Hutton FC. Di sekolahnya George berhasil bermain buat 1st XI (tim senior) buat Brentwood School. Brentwood School ini untuk diketahui menghasilkan banyak profesional footballers di Inggris.