Aneka KosmetikBanyak wanita tak menyadari bahwa kosmetik bisa terinfeksi bakteri. Memang mungkin belum kadaluarsa, namun makeup yang terinfeksi bakteri juga dapat membahayakan kulit maupun kesehatan Anda. Bakteri dapat menyebabkan kemerahan, jerawat, dan bahkan infeksi pada kulit. Jangan sampai terlambat. Kenali hal-hal yang dapat menyebabkan kosmetik terinfeksi oleh bakteri.

Sponge bedak

Jangan sembarangan menaruh atau meletakan sponge bedak di tempat terbuka atau mencampurnya di dalam tas kosmetik. Sponge bedak cukup sensitif, karena sponge merupakan salah satu media yang langsung bersentuhan dengan kulit wajah. Sponge yang terinfeksi bakteri biasanya dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan pada pipi. Tak hanya berdampak pada kulit, sponge juga dapat mencemari bedak yang membuat bakteri terus berkembang biak.

Sikat maskara

Setiap kali Anda mengeluarkan sikat maskara dari tabungnya, bakteri bisa masuk dan ikut menempel pada sikat tersebut. Itulah kenapa maskara sebaiknya tidak digunakan lebih dari 4 bulan. Maskara yang terkontaminasi bakteri dapat membuat bulu mata rontok, terasa gatal di area mata, dan pedih. Simpan dan pakai maskara sesuai kebutuhan agar infeksi bakteri bisa dihindari.

Bersin saat mengaplikasikan kosmetik

Kedengarannya memang sederhana, tetapi bersin pada saat mengaplikasikan kosmetik, dapat membuat bakteri yang keluar pada saat Anda bersin masuk ke dalam kemasan kosmetik yang sedang dipakai. Bakteri-bakteri yang masuk kedalam kemasan kosmetik tersebut akan berkembang. Jika bakteri tersebut sudah berkembang dan tersebar di alat alat kosmetik Anda, dilain waktu pada saat Anda memulaskan kosmetik yang sudah terkontaminasi, Anda juga akan bersin lagi.

Memulas lipstik lagi setelah makan

Biasanya lipstik akan luntur setelah makan, sehingga biasanya Anda memulaskannya kembali. Nah, di sini Anda lupa bahwa sudah ada bakteri yang masuk ke dalam mulut. Bakteri tersebut bisa dikurangi jumlahnya atau mati saat menggosok gigi. Sehingga disarankan memulaskan lipstik hanya setelah menggosok gigi.

Berbagi produk
Berbagi produk kosmetik dengan sahabat bukan sebuah hal yang langka lagi, apalagi saat sedang nongkrong bareng di sebuah tempat. Nah, di sini ada potensi pertukaran bakteri antara kedua orang atau lebih.

Membiarkan tas kosmetik kotor
Setidaknya seminggu sekali tas kosmetik perlu dibersihkan dengan mencucinya. Terutama bila tas kosmetik Anda terbuat dari bahan kanvas atau kain biasa.

Jangan pakai satu kuas

Hindari memakai hanya satu kuas untuk memulaskan beberapa produk kosmetik yang berbeda. sebaiknya Anda punya 1 sampai 2 kuas, untuk masing-masing produk kosmetik. Selain agar warnanya tidak tercampur, memiliki kuas yang berbeda bermanfaat untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Merawat dan mempercantik kulit itu tidaklah sulit. Anda hanya perlu lebih cermat dan memperhatikan kebersihan alat alat kosmetik anda.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?66050

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan