Bau Mulut

Mempunyai masalah bau mulut tentu jadi masalah yang cukup mengganggu. Biasanya mulut akan mengeluarkan aroma yang tak sedap dan menggangu penciuman. Mungkin hal tersebut masih dinilai wajar-wajar saja, tapi Anda perlu waspada jika bau mulut terus terjadi setiap hari.

Bau mulut bisa jadi masalah, bahkan bisa berdampak buruk bagi penampilan dan citra Anda di mata orang lain. Memiliki masalah bau mulut dapat menurunkan percaya. Lebih parahnya lagi bau mulut yang berkepanjangan dapat memicu beberapa penyakit yang cukup serius seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, liver, dan gangguan pencernaan. Bau mulut juga dapat mengakibatkan kesehatan dalam mulut terganggu, seperti menyebabkan gigi berlubang, kerusakan gigi dan karang gigi.

Tanda-tanda bau mulut sebenarnya bisa dirasakan sendiri. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidak seimbangan keasaman mulut sehingga mulut akan terasa kering atau air liur terlalu kental. Kondisi tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman untuk berbicara. Ketika sedang berbicara, biasanya lawan bicara akan memperlihatkan wajah yang kurang nyaman ketika Anda mulai membuka mulut saat berkata-kata. Kondisi ini sangat tidak nyaman, jadi sebaiknya atasi bau mulut sedini mungkin.

Berikut ini ada beberapa cara pencegahan dan pengobatan masalah bau mulut yang bisa diterapkan :

1. Sikat gigi teratur

sikat gigi

Sikat gigi adalah cara yang paling mudah mencegah dan mengobati bau mulut. Cara ini akan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, lidah, dan gigi. Usahakan untuk menyikat gigi paling tidak dua kali sehari, juga ketika selesai makan dan sebelum tidur.
Menyikat gigi sebaiknya juga dilakukan secara benar, baik pemilihan sikat gigi, pemilihan pasta gigi, maupun cara menyikat gigi harus disesuaikan dengan kondisi gigi masing-masing.

2. Ketumbar

Ketumbar dipercaya ampuh meredakan masalah bau mulut. Caranya adalah dengan merebus ketumbar dengan air secukupnya, lalu saring dan minum airnya.

3. Daun sirih dan lengkuas

Selain ketumbar, daun sirih dan lengkuas juga dipercaya ampuh mengatasi bau mulut. Caranya adalah dengan merebus lengkuas dan daun sirih dengan air secukupnya. Lalu, saring air rebusannya dan diminum. Jika dilakukan secara rutin maka bau mulut akan hilang.

4. Obat kumur

Obat Kumur

Selain menggunakan cara tradisional, obat kumur sebagai cara modern juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut. Pilihlah jenis obat kumur yang ringan dan tidak terlalu keras sehingga tidak akan menyiksa Anda yang akan menggunakannya.
Perhatikan formula yang terkandung di dalamnya dan perhatikan pula cara-cara penggunaannya. Nah, setelah mengetahui bagaimana bau mulut bisa terjadi dan apa saja cara penyembuhannya, Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab bau mulut tersebut.
Mungkin Anda merasa punya kondisi mulut dan gigi yang sehat, atau tidak mengidap penyakit tertentu, namun bau mulut tetap saja mengganggu. Ternyata, jenis makanan yang Anda konsumsi juga bisa menjadi penyebab utama bau mulut.

1. Produk susu

Berbagai produk olahan susu, seperti keju dan yogurt ternyata bisa mengakibatkan bau mulut. Pasalnya, selain mengandung banyak gizi dan manfaat bagi tubuh Anda, makanan-makanan tersebut juga merupakan santapan lezat bagi bakteri penyebab bau mulut.

2. Alkohol

Pada dasarnya, zat-zat di dalam alkohol akan mudah membuat seseorang merasa haus sekaligus merasakan kondisi mulut kering. Terlebih, kondisi mulut kering inilah yang sangat disukai bakteri.

3. Gula

Selain bisa membuat gigi berlubang, gula merupakan sumber makanan utama bakteri.

4. Bawang putih

Seperti diketahui bahwa bawang putih banyak mengandung sulfur yang bisa mengakibatkan bau mulut. Selain itu, konsumsi bawang mulut berlebih juga bisa mengakibatkan bau badan.(1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59174

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :

greatpremium