Di Amerika, boot camp ini mulai muncul sekitar tahun 2005. Boot camp menjadi satu kegiatan baru untuk mengatasi rasa bosan berolahraga di dalam ruangan. Barangkali idenya juga muncul setelah seri televisi The Biggest Loser mendapat respon bagus saat ditayangkan pertama kali di tahun 2004. Dan sekarang ini boot camp makin merebak.

Boot camp merupakan program pelatihan fisik yang dilakukan dalam satu rentang waktu, dilatih dan diawasi oleh para instruktur dari pusat kebugaran, personal training atau bahkan mantan personel militer. Program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran, dan membantu orang-orang masuk ke rutinitas olahraga yang teratur .

Bootcamp-Photo-1Layaknya boot camp ala militer, program ini juga melakukan pelatihan fisik dengan atau tanpa alat tapi melalui alat bantu seperti tali tambang untuk memanjat dan tarik menarik. Beberapa boot camp juga memberikan informasi tentang nutrisi makanan dan menantang peserta untuk mengatur makanannya selama menjalankan program ini terutama jika tujuannya mengurangi berat badan. Seperti juga di The Biggest Loser, latihannya meliputi lari, loncat, naik turun tangga, push up, sit up, naik turun bukit, serta beberapa boot camp menyertakan yoga dan pilates. Di boot camp, latihan itu dikemas lebih variatif, menarik dan membentuk grup-grup. Karena itulah boot camp tidak saja melatih kebugaran tapi juga menawarkan sesuatu yang fun dan menciptakan rasa persahabatan di antara peserta.

Jika tertarik mengikuti boot camp, sebaiknya cek kesehatan terlebih dahulu. Bagi yang berumur 40 tahun ke atas, baru pertama kali mengikuti latihan olahraga, memiliki beberapa gangguan kesehatan dapat konsultasi dengan para instruktur sehingga mereka akan mengawasi dan mengurangi intensitas latihannya. Latihan boot camp dapat bervariasi tetapi umumnya mencakup campuran antara latihan kekuatan macam CrossFit dan aerobik. Beberapa bahkan menggabungkan gerakan seni bela diri.

Boot camp ini rata-rata dilakukan dengan rentang waktu 4 minggu. Dan melakukan pertemuan 2-3 kali dalam seminggu. Waktunya 50 sampai 60 menit setiap pertemuan. Biayanya berkisar $80-$120. Karena dilakukan di luar ruangan seperti di taman atau di perbukitan, maka boot camp dimulai saat musim semi sampai awal musim gugur. Boot camp memiliki beberapa jenis seperti holistic boot camp, fitness boot camp dan workout boot camp. Perbedaannya terdapat pada intensitas pemakaian alat dan pengarahan nutrisi makanan. John Spencer Ellis dari Orange County Adventure Boot Camp mengungkapkan fitness boot camp-nya bahwa mereka bekerja pada teknik, latihan inti kekuatan tubuh, relaksasi dan pemahaman gerakan tubuh. “Dalam empat minggu, peserta boot camp akan turun 5 persen atau 6 persen lemak tubuhnya dan berat badan akan berkurang sekitar 4 kilogram atau lebih. Dan kekuatan dan kebugaran mereka akan bertambah.”

Hadijah Febriah, 38 tahun
Indialantic, Florida

Setelah pertemuan pertama, banyak yang berkomentar badan serasa remuk redam karena mereka dilatih secara instens dengan beragam teknik olahraga itu. Tapi setelah beberapa kali pertemuan, banyak yang mengaku ketagihan. Termasuk Hadijah Febriah, cewek Indonesia yang tinggal di Florida ini. Menurutnya badan serasa lebih kuat dan makin bugar sehingga seperti peserta yang lain, Hadijah pun tertarik untuk terus melanjutkan program boot camp selanjutnya.

bootcampAwal Maret pulang dari Indonesia, berat badan saya naik 5 kg. Rasanya nggak enak, tubuh berat dan semua pakaian menyempit. Saya mencoba detox dengan jus buah tapi tanpa diimbangi olahraga, hasilnya kurang memuaskan. Suatu hari saya melihat brosur dari Pro-Health & Fitness di Viera, Florida tentang March Madness Boot CampGet Fit in 4 Weeks’ dengan biaya $120 untuk 12 kali pertemuan. Kota itu tidak terlalu jauh dari tempat saya tinggal. Saya langsung tertarik untuk mencobanya. Selain tentunya dengan tujuan menghilangkan kelebihan berat itu juga karena di situ disebutkan latihannya untuk meningkatkan kekuatan tubuh, membangun otot serta membakar lemak. Jadwal boot camp setiap Senin, Rabu dan Jumat bisa dipilih pagi pukul 6.30 atau sore pukul 18.30 dengan durasi 1 jam.

Hari pertama setelah registrasi, peserta yang berjumlah 15 orang ini ditimbang dan diukur lingkar perut. Di situ sudah tersedia peralatan latihan seperti dumbell, alas badan (Mat), dan handuk kecil. Aktifitas hari pertama adalah sit up, push up, lari 1 lap, lunges, side lunges, hammer curl, bicep curl dan plank diulang dalam 4 set masing masing 15 kali. Keesokan harinya seluruh badan rasanya remuk, tapi saya tahu kalau ini cuma akibat dari otot yang tidak pernah dilatih. Hari kedua kami melakukan variasi seperti hari pertama tetapi ditambah intensitas di bagian perut. Minggu terakhir boot camp, kami diukur, di tes dan dihitung per menit untuk sit up, push up, plank, lunges, side lunges dan lari 1 lap sebagai perbandingan menambah kekuatan dan kecepatan dari hari pertama.

Serunya boot camp selain outdoor dengan udara yang segar, latihannya pun selalu variasi seperti naik turun di pinggir danau, menarik ban mobil dengan rantai, mirip dengan yang dilakukan di The Biggest Loser. Makin hari boot camp jadi aktifitas yang saya tunggu karena setiap mencoba pakaian yang dulunya menyempit sekarang melongggar, badan lebih sehat dan segar, kualitas tidur juga lebih baik. Sebagian besar yang ikut sudah pernah ikut boot camp sebelumnya dan ketagihan. Malah ada yang ikut untuk ke delapan kalinya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67803

Untuk melihat artikel Serba-Serbi lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan