Suka makan mangga? Buah yang satu ini memang enak dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Vitamin E dalam mangga dipercaya mengandung bahan afrodisiak yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seks.

Macam-macam manfaat lainnya, yaitu ada antioksidan yang berfungsi sebagai anticancerogenic untuk mencegah risiko kanker payudara, kolon, prostat dan kanker darah putih. Prebiotik serat dalam mangga juga sangat tinggi, pectin dan vitamin C dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Desnity Lipoprotein atau lemak jahat.

Buah mangga kaya juga dengan vitamin A dan flavonid seperti beta-karoten, alfa-karoten dan beta-cyptoxanthin. Vitamin A dalam mangga sama seperti yang dikandung sayuran wortel yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki penglihatan, mencegah rabun senja, dan mata kering sehingga kesehatan selaput lendir dan kulit sekitar mata tetap lembab.

Mangga memiliki tingkat gula yang tinggi. Dalam satu buah mangga terkandung sekitar 31 gram gula. Bagi Anda yang mengurangi asupan manis, jangan khawatir, karena mangga memiliki kadar glikemik rendah yang artinya kandungan gulanya tidak mempengaruhi gula darah. Seratnya sangat baik, kandungan enzim mampu melancarkan pencernaan dan mengeliminasi asam.

Buah berwarna oranye ini dipercaya juga sebagai buah pencegah stroke karena dapat mengontrol homocysteine( asam amino yang dihasilkan oleh tubuh) dalam darah. Homocysteine dinyatakan berbahaya bagi pembuluh darah yang dapat mengakibatkan stroke.

Satu lagi yang perlu diketahui dari buah terasa manis ini adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mangga membantu tubuh kebal terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya karena mengandung banyak Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E.

Tidak perlu repot untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, jika sudah matang, harum dan empuk, hanya cukup dikupas dan dipotong saja atau dibuat jus. Buah mangga relatif murah dan mudah didapatkan, sehingga banyak diminati baik dewasa juga anak-anak. ( 1001 )

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?47342

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :