Jangan mudah menyerah, fokus dan disiplin. Tiga hal ini menjadi motto dari seorang Nyla Liu untuk menjadi binaragawati yang penuh prestasi. Lakukan dengan senang hati dan kerja keras tidak akan pernah mengkhianati.

Nyla Liu atau Fen Fen, panggilan akrabnya, belum lama ini meraih juara Women’s Physique Model pada Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia di Pantai Marina Jety, pada Juli 2022. Uniknya, Nyla berhasil menyabet gelar Ratu Physique Model Asia 2022 saat dirinya berusia 45 tahun.

Wanita kelahiran Kisaran, Sumatera Utara (Sumut), 18 September 1977 ini berhasil menyingkirkan peserta dari 24 negara yang turun di ajang event Asia tersebut.

“Puji Tuhan saya bersyukur, bangga dan terharu dan tentunya sebagai wanita Indonesia dapat membawa pulang medali emas. Berkibarnya Sang Merah Putih dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya di Maldives ini semakin memicu semangat saya untuk bisa berprestasi lebih lagi di masa yang akan datang,” kata Nyla.

Tak ada masalah bagi dirinya berangkat ke Maldives dengan biaya pribadi. Pasalnya, dia optimistis cabang olahraga (cabor) binaraga dan Fitness bisa membuat bangga Indonesia “Saya optimistis ke depan nanti cabor binaraga dan Fitness akan mendapat perhatian dari pemerintah,” tegasnya.

Nyla bercerita kepada KABARI, awalnya dapat ikut kompetisi tersebut untuk menguji dirinya sendiri .”Ya ikut aja sih., challenge diri sendiri aja serta menjadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran supaya lebih baik ke depan,” tambahnya.

Cabor binaraga dan fitness, kata Nyla Liu, bisa menjadi favorit di kalangan wanita. Namun di kalangan wanita, fitness masih dianggap olahraga cowok dan banyak mitos yang beredar serta pengetahuan yang kurang dalam hal ini. Nyla memberikan masukan perlunya perhatian khusus dalam hal pembinaan dan pelatihan. Begitu juga dengan ajang pertandingan yang perlu lebih dibenahi agar bisa lebih baik lagi dan mendapat apresiasi positif dari masyarakat.

Pernah diejek

Perjuangan Nyla Liu untuk mencapai prestasi penuh jalan berliku. Dirinya mulai tertarik gym setelah melahirkan anak keduanya pada tahun 2010, Nyla Liu yang saat itu berusia 35 tahun kerap diejek karena bertubuh gendut.

“Jujur awalnya cuma mau langsing saja alias balik ke kondisi awal sebelum melahirkan. Tetapi malah yang didapat lebih dari yang diduga. Jadi sampai saat ini menjadi lifestyle dan passion buat saya untuk memotivasi orang lain,” katanya

Nyla tidak pernah menyerah. Tekadnya sangat kuat untuk menjadi sehat, bugar, dan kuat. Dia mulai bergabung dengan gym setelah anaknya berusia satu tahun. Namun, saat mengikuti kelas fitnes, ia dikecam oleh para perempuan lainnya dan disuruh menjadi ibu rumah tangga karena olahraga angkat besi hanya untuk pria.

“Mereka bilang sudahlah jadi ibu rumah tangga dan sudah tidak muda lagi jangan pusing sama badan. Yang penting olahraga keringetan uda cukup katanya,” ujarnya.

Cacian orang-orang justru menjadikan semangat dan motivasi buatnya. ia ingin membuktikan bahwa pandangan orang-orang terhadap latihan angkat beban dan diet adalah salah. “Banyak manfaat positif sebenarnya kalau kita rajin latihan beban. Justru menurut saya adalah sebagai modal sehat dan bugar di masa tua,” tutur Nyla.

Perubahan terjadi

Dengan semangat luar biasa dan seiring waktu, perubahan fisik yang diinginkan terjadi dan membuat salah seorang temannya kaget.

“Dia kaget melihat perubahan fisik saya. Dia bilang wow Fen Fen berubah banget, kamu operasi ya kok perut kamu bisa begitu? Saya pun tertawa dalam hati, apa pun kondisi kita, disyukurin saja yah karena pasti tetap akan ada orang yang tidak menyukai keberhasilan kita,” ungkapnya.

Nyla pun tetap menjalankan diet sehat naturalnya plus angkat beban yang ditekuninya sampai sekarang sebagai solusi hidup sehat.

“Saya beruntung waktu itu memutuskan untuk memulai diet sehat sekaligus latihan angkat beban. Kalau diet saja nggak makan pasti kurus tapi apa yang terjadi di kulit kita nggak kencang. Dengan diet dan angkat beban dalam waktu yang bersamaan, maka otot akan terbentuk, lemak akan terkikis dan otomatis kulit juga tidak bleber malah jadi kencang dan singset,” kata Nyla.

Nyla Liu dikenal sebagai pengusaha, atlet wanita, penasihat transformasi wanita, dan influencer fitness & healthy lifestyle di Indonesia. Dia adalah owner “Fit by Meal” @fitbymeal, makanan sehat dengan konsep Meal Preps, founder aplikasi “Ayofit Indonesia Sehat”, dan Atlit yg di support menjadi Brand Ambassador “ANS Performance”.

Perihal rencana ke depan, Nyla akan terus berusaha berprestasi. ”Rencana Desember akan ikut yang kejuraan dunia di Phuket Thailand. Selain itu cabang olahraga fitness bisa lebih dikenal di kalangan perempuan Indonesia dan mendapat perhatian lebih baik,” pungkasnya.