Bicara soal hobi, masing-masing orang memiliki hobinya sendiri. Ada yang suka mengoleksi motor, mobil, bermain musik, kaset atau yang lainnya. Nah, pria yang satu ini memiliki hobi yang unik, yaitu suka mengoleksi tanda tangan.  Adalah Andi Istiabudi yang hobi berburu tanda-tangan tokoh terkenal, dari negarawan, selebritis, sampai pemain sepakbola dunia.

Kepada KABARI, Andi bercerita hobinya ini berawal dari dirinya yang suka dunia tulis menulis. Sewaktu SD, Andi iseng berkirim surat melalui pos untuk minta tanda tangan. Sejalan waktu, di  tahun 1998/99 Andi yang saat itu duduk di bangku SMA masih terus suka bersurat, namun hal itu tidak dilakukannya secara intensif.

Lantas Andi mulai intens mengoleksi  sekira tahun 2007-2008. Kala itu di  tahun 2008, Andi membaca sebuah buku berjudul “Autograph Collector”. Buku karya Debby Loekito ini berisi seluk-beluk hobi autograf.   Dan Debby adalah seorang autograf dengan koleksi foto mencapai 152 buah. Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton beserta Hillary Clinton (kini Menlu AS), mantan Presiden Prancis, Jacques Chirac, hingga Ratu Elizabeth menjadi koleksinya.

Terinpsirasi buku  tersebut, Andi terpacu untuk mengirimkan surat pada tokoh nasional dan Internasional. Ia mulai rajin mengirim surat lewat surat elektronik (email) atau melalui pos. Gayung bersambut, responnya bagus bahkan dalam satu hari Andi pernah menerima kiriman 3-4 surat.

Namun tak dipungkiri olehnya,  mengirim surat dan balasannya terkadang tidak menentu, bisa cepat atau kadang. Bahkan sampai harus menunggu berbulan-bulan,  beberapa diantaranya malah tidak dibalas. Di 2010-2012 Andi mulai intens juga memburu tanda tangan pemain bola dunia dan selebriti dunia.

Sampai saat ini koleksinya sudah menyentuh seribuan lebih dengan medianya yang bermacam-macam. Untuk tokoh dunia misalnya kebanyakan foto dengan tanda tangan., tanda tangan di kartu pois, sampai tanda tangan di cover majalah.

Koleksi tokoh terkenal yang Andi koleksi di antaranya Jimmy Carter, Butros Butros Ghali, Al Gore, Hillary Clinton, Mahmoud Ahmadinejad, Tony Blair, Dalai Lama, Nicolas Sarkozy,Gloria Arroyo, Pangeran Albert dan masih banyak lagi.

Atlet dan selebriti dunia pun tidak luput dari koleksi Andi, diantaranya Lionel Messi (pemain terbaik dunia FIFA 2011), Yoko Ono (istri mendiang personil The Beatles, John Lennon) dan Bill Gates (pendiri perusahaan komputer Microsoft). Andi juga memiliki foto koleksi pribadi maestro keroncong Indonesia, mendiang Gesang yang ditanda-tangani 3 tahun sebelum Gesang wafat.

Alhasil dari banyaknya koleksi, Andi diganjar rekor MURI pada 2018 sebagai Kolektor Tanda Tangan Para Tokoh Dunia Terbanyak.

Nah, diantara semua pencarian tanda tangan yang pernah dilakukannya yang paling berkesan adalah saat berburu tanda tangan dari Try Sutrisno

“Saya buat dapetin tanda tangan beliau itu lama. Dari kirim surat, datangin rumahnya, nunggu di event tertentu. Panjang prosesnya dan baru dapat tahun 2014. Itupun dapatnya saat 0i TPS sewaktu poemilu. Sehabis kelar nyonlos saya minta tanda tangannya,” tutur pria yang mengagumi Soeharto, BJ Habibie dan Prabowo Subianto ini.

Bahkan sekarang ini Andi mengoleksi barang-barang yang terkait dengan Try Sutrisno seperti majalah-majalah dengan cover beliau dan dia sudah mandapatkan 15 majalah . Wakil Presiden RI ke-6 ini adalah tokoh yang idolakan sejak kecil hingga saat ini olehnya.

Simak video pilihan Kabari dibawah ini