KabariNews – Dalam rangka menperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018.
Sejumlah generasi muda yang tergabung dalam Forum Pemuda NKRI bersama dengan Imarindo (Ikatan Manager Artis Indonesia), Akun media sosial Lambe Turah, aplikasi TikTok dan ACT (Aksi Cepat Tanggap) bersatu menggelar sebuah kegiatan konser amal yang bertajuk “Gebyar Kebangsaan” #semangatpemuda akan berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 2018 di parkir selatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 sebagai hasil dari kongres pemuda II di Batavia pada 27-28 Oktober 1928, dilatarbelakangi oleh tekad kuat mewujudkan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk mengulang sejarah, pada tahun 2018 ini akan menjadi tahun ke-90. Sebagai bentuk memperingatinya, kegiatan tersebut mengusung tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”

Di era milenial ini arti sumpah pemuda tak hanya sekedar ucapan untuk memperteguh ikatan kebangsaan, namun lebih dari itu merupakan alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan Indonesia dibangun dari sebuah komitmen.

Ikrar untuk membangun satu Tanah Air, berbangsa satu dan memiliki bahasa persatuan masih relevan untuk menghadapi masalah kekinian seperti penyebaran berita bohong (hoax) dan juga maraknya ujaran kebencian yang mempengaruhi relasi sosial antar anggota masyarakat.

Ketika penyebaran berita bohong dan penggunaan ujaran kebencian marak terjadi di masyarakat, sudah seharusnya generasi milenial dapat mencegah minimal tidak ikut menyebarkan berita hoax tersebut yang dapat memprovokasi masyarakat lainnya.

Sehingga dengan penggunaan teknologi kekinian yaitu media sosial, generasi milenial bisa berperan mencegah dampak merusak dari perkembangan teknologi informasi tersebut.

Romadon selaku wakil pemuda dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sekaligus ketua umum dari kegiatan ini mengatakan bahwa pemuda harus memiliki jiwa semangat untuk menjaga persatuan bangsa.

“Pemuda salah satu tongkat estafet untuk negara Republik Indonesia, yang kedua, dengan momentum ini mempersatukan pemuda untuk lebih fokus kesuksesan kepemudaan dalam membangun silaturahmi, kemudian yang ke tiga dengan gebyar kebangsaan ini, fokus kepada hal-hal bersifat sosial, ” katanya saat ditemui Kabari di kawasan Jakarta Selatan.

Hal senanda juga disampaikan Jack yang juga merupakan wakil pemuda dari GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) yang sekaligus terlibat sebagai panitia penyelenggara kegiatan ini.

Jack menyampaikan semangatnya sebagai pemuda yang akan terus berjuang demi persatuan bangsa Indonesia.

“Dengan kegiatan ini akan memberikan pesan moral kepada pemuda bahwa pemuda harus menjadi spektrum persatuan ditengah hiruk pikuk politik yang sangat keruh ini, pemuda harus bersatu, “katanya.

Lebih lanjut Jack menambahkan, “kegiatan ini kita akan mengajak semangat pemuda harus menjadi semangat nomor satu, dan kita juga akan galang kekuatan kita menjadi benteng anti hoak dan peovokasi, ” imbuhnya.

Selain itu, ia berharap pemuda jangan sampai terpecah belah di tengah situasi politik sekarang ini, “Tetap bersatu, semangat, kita kampanyekan anti hoax dan provokasi sehingga pemuda tetap menjadi pemersatu bangsa, ” pungkasnya.

Imarindo beserta artis pengisi acara konser amal ini antara lain, Elek Yo Band, Ari Lasso, Cokelat Band, Kerispatih, The Rain, Vina Panduwinata dan Ikmal Tobing, OMPMR, Alika, Zarro, DJ widuri, Temon Stand Up Comedy dan masih banyak artis lainnya yang turut menyumbangkan hiburan untuk seluruh lapisan masyarakat.