KabariNews – Memelihara ikan di akuarium atau kolam ikan di rumah tapi tidak sempat memberinya makan?  Tenang, dua anak kelas enam SD ini berhasil menciptakan alat untuk memberi makan ikan secara otomatis yang dinamakan Auto Pet Feeder. Alat ini dibuat oleh Kelly Angelina dan Alicia Martania dari SDK IPEKA Internasional, Jakarta.

Auto Pet Feeder-nya ini ditampilkan di acara National Young Inventors Award yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu di gedung SMESCO Jakarta. Keduanya mengatakan, ide membuat Auto Pet Feeder muncul dari keseharian mereka yang memilihara ikan tetapi karena tidak ada yang memberinya makan, sehingga membuat ikannya menjadi tidak terurus.   “Kalau di rumah lagi sepi misalnya  lagi pergi ke luar kota gak ada yang ngasih makan ikan-ikan di rumah” kata keduanya kepada kabarinews.com, Jumat, (31/10).

Jika dilihat bentuk dan mekanisme kerja alat ciptaaan mereka berdua cukup sederhana. Bentuknya hanya berupa sebuah triplek kecil yang diatasnya diletakkan sebuah jam dinding yang berhadapan dengan CD.   Di tengah CD terdapat tutup spidol yang fungsinya untuk memutarkan  CD.

Sedangkan mekanisme kerjanya,  setiap pukul 06.00 dan 18.00 WIB jarum jam akan menyentuh salah satu tuas di piringan CD. Karena dorongan jarum jam, tuas tersebut akan bergeser dan mendorong makanan ikan yang telah disiapkan di ruang-ruang di bawah piringan CD, kemudian makanan ikan itu  akan jatuh ke akuarium melalui lubang.

Bahan-bahan yang mereka gunakan pun juga sederhana. Keduanya hanya menggunakan barang-barang bekas, seperti triplek, CD, kotak CD, tutup spidol, kertas karton, jam dinding,  pipa kecil, dan plastic mika. Alat ini dapat digunakan  tidak hanya untuk akuarium saja, melainkan juga kolam. Untuk di kolam hanya  diperlukan tambahan tiang yang kuat untuk menyangga tripleknya.(1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72242

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

lincoln