La Maison De L’Indonésie (Rumah Indonesia Paris) memulai lembaran baru di tahun 2023 dengan melanjutkan promosi Indonesia di Perancis  kali ini lewat karya seni lukisan.

Indonesia adalah negara yang besar yang mempunyai lebih dari 1300 suku dan memiliki 750 bahasa daerah. Kekayaan seni dan budaya bangsa yang sangat luar biasa tersebut, adalah bahan baku dan sumber inspirasi dari proses industri kreatif yang melahirkan karya-karya yang bernilai tinggi dan juga penting sebagai Inspirasi Pemersatu Bangsa dan Suku di Indonesia 

“Oleh sebab itu pada tanggal 27 Januari, expo lukisan tentang rumah-rumah tradisional Indonesia yang dibuat oleh artis pelukis di Rumah Indonesia Paris, Rangga,  akan digelar dan berlangsung selama 3 bulan sampai tanggal 27 April 2023, dengan tujuan memperkenalkan seni budaya Indonesia ke masyarakat Perancis dan Internasional yang datang ke Paris dan expo digelar gratis di Rumah Indonesia Paris, “ kata Eka Moncarre, penggagas dan pendiri La Maison De L’Indonésie kepada KABARI.

.Di acara pembukaan tanggal 27 Januari, juga akan ada sumbangan tarian Toraja dari Asosiasi Franco-Indonesia AFIDDES dan juga akan dihidangkan kue special Perancis Galette des Rois yang dibuat oleh Chef La Maison De L’Indonésie dengan menggunakan Moringa dan Kacang Kenari dari Indonesia sebagai kearifan lokal. Suatu event  kreative unik yang mempromosikan Seni, Budaya, Produk, Tourism dan Gastronomi Indonesia dan hanya ada di La Maison De L’Indonesie (Rumah Indonesia Paris)  

Kekayaan warisan arsitektur tradisional kepulauan Indonesia sekaya keragaman ekosistem dan kelompok etnis nusantara. Selama berabad-abad, manusia telah menetap dan mengembangkan konstruksi yang sesuai dengan iklim setempat dengan menggunakan bahan yang tersedia di lingkungan terdekat. Mereka telah membangun rumah, tempat doa, maupun lumbung untuk melindungi hasil panen dan benih sehingga menciptakan semacam keabadian dalam ketidakpastian untuk hidup selaras dengan alam.

Rumah adat atau  rumah vernakular inilah yang menginspirasi kepada Rangga, seniman asal Indonesia seni karya cetak ini yang dihasilkan dengan teknik ukir jarum, media karton dan perangkat cetak yang sederhana. 

Simak video pilihan Kabari dibawah ini