Labor Day atau hari buruh tentunya punya sejarah. Tapi karena selalu diperingati setiap hari Senin dan di musim panas maka orang-orang memperingatinya sambil menetapkan acara liburan bersama keluarga. Sekedar berkumpul berpesta barbekyu di rumah atau pergi ke pantai berlibur selama tiga hari. Hari itu juga menjadi awal dimulainya musim NFL (National Football League). Lalu mengapa pantai atau taman rekreasi menjadi pilihan utama? Karena orang memperlakukan liburan Labor Day sebagai liburan terakhir mengakhiri musim panas.

Labor Day merupakan hari ketiga paling populer untuk liburan, setelah Independence Day dan Memorial Day. Tahun ini diperingati tanggal 3 September di Amerika dan Kanada. Dulu sejarahnya Labor Day adalah hari libur pemerintahan tapi kemudian ditetapkan menjadi libur nasional. Selain ditetapkan sebagai hari libur juga ditetapkan setiap Senin sehingga orang-orang dapat menikmati liburan lebih panjang.

Peringatan Labor Day pertama kali diadakan di New York, tanggal 5 September 1882. Saat itu terjadi parade hari buruh pertama yang diikuti sepuluh ribu pekerja berbaris dari City Hall ke Union Square. Di tahun 1887, Oregon menjadi negara bagian pertama yang resmi menjadikan Labor Day sebagai hari libur. Tetapi barulah di tahun 1894 Labor Day ditetapkan secara resmi oleh Presiden Grover Cleveland menjadi hari libur nasional di seluruh Amerika.

Tidak ada yang tahu siapa yang memiliki gagasan menetapkan hari Senin di awal bulan September. Sedangkan banyak negara lain yang memperingati Labor Day di bulan Mei. Menurut pendapat American Federation of Labor (Federasi Buruh Amerika), wakil Presiden mereka, Peter J. McGuire yang mengajukan gagasan itu di tahun 1882. Dengan alasan itu merupakan tanggal yang tepat karena berkaitan dengan cuaca yang cerah untuk liburan keluarga para pekerja. Tapi menurut sejarah, dulu di tahun 1886, tepatnya tanggal 4 Mei, terjadi peristiwa yang disebut Haymarket Riot karena terjadi di Haymarket Square di Chicago. Peristiwa itu adalah demonstrasi para pekerja yang mengakibatkan kerusuhan dan pembantaian setelah salah seorang pekerja melemparkan bom ke barisan polisi. Saat itu banyak pekerja menjadi korban. Karena itulah Presiden tidak menetapkan hari buruh pada bulan Mei demi menghindari berkaitan dengan  peristiwa tragis itu.

Maka orang-orang memanfaatkan liburan akhir pekan yang panjang untuk berlibur bersama keluarga atau sekedar mengundang sanaksaudara dan teman untuk berkumpul dan bersantap daging barbekyu di halaman rumah. Sebelum cuaca mulai mendingin. Bagi yang memiliki kolam renang di rumah ini juga saat terakhir ber-swimming pool party sebelum menguras dan menutup kolam renangnya di musim dingin.

Lalu bagi yang ingin piknik keluar kota, sebaiknya kemana saja selain ke pantai? Beberapa negara bagian yang masuk ke jajaran negara bagian paling banyak kunjungan di akhir musim panas adalah New York, Washington D.C., Seattle, Washington serta Boston, Massachusetts. Di New York, kota yang tak pernah tidur ini, akan banyak acara di akhir pekan seperti Labor Day Parade yang didukung barisan pekerja mewakili seluruh industri di New York yang akan berjalan menuju pusat kota. Yang menarik juga terjadi di Randall’s island Park. Di sana akan diadakan Electric Zoo yaitu acara tahunan festival musik elektronik dari berbagai jenis musik dari berbagai negara yang digelar di empat panggung besar. Acara ini juga dihadiri oleh DJ bertaraf internasional.

Sedangkan di Washington D.C. tentunya dapat berkeliling dari U.S. Capitol sampai ke National Museum of American History. Sambil liburan, sambil mengenal sejarah Amerika. Di Kennedy Center  juga akan digelar konser musik the National Symphony Orchestra’s Labor Day Capitol Concert. Bisa juga mengunjungi rumah Presiden pertama Amerika George Washington di Mount Vernon, Virginia. Jika ingin menonton konser musik internasional dan festival tahunan terbesar Bumbershoot, berkunjunglah ke Seattle, Washington. Terdapat juga free concert di Ballard Locks atau the Americana Festival di Waterfront Park.

Sebelum Boston, Massachusetts diguyur salju di musim dingin, diadakan beragam acara menarik dalam perayaan Labor Day. Tepatnya di Boston Harbor. Di sana akan digelar parade musik dan kembang api. Di beberapa negara bagian lain juga pasti tidak kalah meriah dalam merayakan Labor Day sekaligus mengakhiri liburan musim panas. Satu lagi, Labor Day juga menjadi ajang diskon besar-besaran di berbagai pertokoan. Bukan hanya untuk menghabiskan sisa produk stok musim panas tapi juga produk menarik lainnya. (Foto:ist)