Kabari News – Marvel Comics atau Marvel Publishing Inc. seperti dikutip Wikipedia merupakan nama suatu perusahaan dari Amerika Serikat yang memproduksi buku komik dan media lain yang berkaitan. Marvel pertama kali didirikan dengan nama “Timely Publications” pada tahun 1939 dan sempat berganti nama menjadi “Atlas Comics” sebelum akhirnya menjadi Marvel Comics pada tahun 1961. Sekarang, Marvel telah menjadi salah satu penerbit buku komik terbesar bersama dengan perusahaan saingan lamanya DC Comics.

301085_2604521758192_602475285_nMarvel terkenal karena telah mengorbitkan karakter-karakter komik populer seperti Spider-Man, X-Men, Hulk, Fantastic Four, Iron Man, dan masih banyak lagi. Sebagian besar karakter ciptaan Marvel beroperasi dalam dunia yang dikenal sebagai “jagad Marvel”. Belakangan, banyak dari karakter Marvel tersebut yang muncul dalam media hiburan lain seperti serial kartun, film, dan permainan video.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat sebuah komunitas yang sangat mencintai segala hal yang berhubungan dengan jagad marvel.  Komunitas ini dikenal dengan nama Komunitas Marvel Indonesia. Ingin mengenal lebih dekat komunitas ini?, tanpa panjang lebar simak petikan  wawancara kabarinews.com dengan Dedi Fandim, salah satu founder Komunitas Marvel Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Kabari: Bisa diceritakan latar belakang berdirinya Komunitas Marvel Indonesia ini? kapan terbentuknya dan kenapa marvel jika mengingat banyak tokoh superhero lainnya diluar marvel? Adakah suatu keistimewaannya tersendiri dari para tokoh-tokoh marvel?

Komunitas kami berdiri secara resmi itu tahun 2009, tepatnya bulan Agustus. Waktu itu lima orang founder termasuk saya membentuk komunitas ini yang base-nya ada di media online dan sosmed, yaitu facebook. Awal terbentuk belum seramai sekarang, topik dan bahasan maupun postingan masih sederhana sekali. Kami membentuk ini dengan tujuan membuat wadah berkumpulnya bagi para pecinta marvel secara keseluruhan, karena sebelumnya lebih banyak orang – orang mengenal marvel secara terbatas saja.

Kami ingin mereka semua tahu dunia marvel bukan itu – itu saja namun luas sekali dan tanpa disadari banyak aspek yang bisa di telusuri lebih dalam lagi. Selain komik, kami juga membahas semua tentang marvel, seperti toys, movie, komunitas yang terkait secara tidak langsung dengan marvel, dan pastinya informasi terbaru dari dunia marvel sendiri. Selain itu kami ingin menyebarluaskan marvel di Indonesia juga dengan tujuan masyrakat juga mengetahui apa saja yang bisa di peroleh dari dunia marvel sendiri.

Kami memilih marvel atas dasar memang sudah menyukai ini sejak lama, lalu keistemewaannya marvel sendiri selain banyaknya karakter di dalamnya, banyak tokoh dan cerita di marvel yang mensinkronkan dengan kondisi asli di dunia, seperti Barack Obama menjadi presiden Amerika kemarin sempat muncul di beberapa adegan komiknya. Mereka juga sering memasukan beberapa kejadian penting di dunia ke dalam cerita dan tidak segan mempromosikan bahwa bukan hanya superhero tertentu saja yang terus tampil namun berusaha memperkenalkannya semua.

1383834_529843720418396_83079546_nKabari: Lantas apa saja kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini? dan seperti layaknya komunitas lainnya yang mempunyai anggota, bagaimana dengan keanggotaan dari komunitas ini? mungkin bisa dari umur atau yang lainnya, dan bagaimana cara menjadi anggotanya

Kegiatan kami saat ini rutin setiap bulan kita ada gathering per-wilayah, lalu kadang diajak barter dan promosi oleh beberapa pihak, undangan event, nonton bareng film marvel pastinya, kegiatan cosplay tokoh marvel kerja sama dengan sponsor dan beberapa perusahaan untuk promosi. Keanggotaan saat ini kami tidak membatasi, dari muda dewasa dan orang tua, kaum lelaki dan wanita bebas bergabung dengan kami. Cara bergabung hanya request to join di home base facebook kita.

Kabari:  Apakah mengalami suatu kesulitan tertentu dalam mengembangkan komunitas ini? dan sebagai tambahan apakah Anda juga mengalami kesulitan dalam hunting pernak-pernik yang berhubungan dengan marvel? karena tentu untuk mengumpulkan butuh waktu atau pun biaya?

Kesulitan untuk hal apapun pasti ada, tak terkecuali komunitas ini, pada awalnya banyak yang menganggap sepele urusan komunitas karena di anggap hanya main main saja, hanya untuk iseng dan gaya-gayaan. Saya dan teman – teman butuh waktu yang lama untuk meyakinkan para anggota yang baru untuk aktif baik secara nyata maupun maya, mengerti bahwa komunitas kita ini serius dalam menjalankan visi dan misi nya.

Dari yang hanya kumpul – kumpul saja sekarang kami bisa di anggap salah satu komunitas yang stabil dan tersistem manajemennya. Untuk hobi saya sendiri sih, kesulitan sekali untuk beberapa barang yang memang saya sudah terlewat jauh dan melewatkannya pada awal – awal selebihnya saya masih belum terlalu sulit karena kebetulan saya banyak teman kolektor lokal dan juga manca negara, jadi tidak terlalu susah dalam hunting barang-barang tersebut.

Kabari: Selain di Jakarta, komunitas ini apakah juga berkembang di kota-kota lainnya?

Komunitas kita selain berkembang di Jabodetabek, juga ada perwakilan di Bandung, Surabaya, Bali dan Palembang yang terbaru. Rencana kami ingin terus menambah di beberapa kota besar di Indonesia tahun depannya

Kabari: Dan yang terakhir apa harapan ke depannya untuk Komunitas Marvel Indonesia? Apa saja kegiatan yang akan dilakukan oleh komunitas ini di kemudian hari?

Harapan saya hanya ingin marvel bisa di terima tidak hanya di kalangan pencinta marvel saja melainkan juga untuk kalangan umum juga bisa menerima, karena marvel bukan isinya hanya iseng dan main main saja, namun ada unsur edukasi, sosialisasi dan bisa membuat lebih menghargai apa yang kita sukai dalam hidup.  Selain Saya juga ingin semoga kedepannya komunitas kami menjadi satu industri unik yang dapat menjembatani dari komunitas dengan segala pihak dan juga bisa membuat satu acara besar yang tentunya isinya Marvel semua dan itu sudah dalam rencana kami, semoga tahun depan apabila lancar bisa terwujud.(1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?70565

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Abc Indomart

 

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3