Musim panas telah tiba. Mungkin kita sudah berpikir ingin liburan keluar kota setelah tahun lalu hampir tidak ada kegiatan liburan sama sekali. Apalagi mulai banyak yang sudah menjalani vaksinasi. Berlibur, kenapa tidak. Asal tetap menjaga kesehatan, kebersihan dan memakai masker di tempat yang diharuskan memakainya. Meskipun sudah dua kali vaksin harus tetap waspada.

Kini saatnya melampiaskan rindu dengan keluarga atau saudara yang tinggal di luar kota. Menjenguk kakek dan nenek atau teman. Akan lebih baik jika bukan hanya kita yang sudah vaksinasi tapi juga mereka yang akan kita jenguk. Sehingga tidak ada rasa cemas bertemu dan menginap di sana. Seandainya ingin memastikan lebih aman, meskipun sudah mendapat suntikan vaksin, sebelum bepergian jalani Covid-19 testing.

Bagi yang masih ragu bepergian dengan pesawat terbang atau angkutan umum lainnya, kita bisa pilih road trip. Lewat jalan darat dengan kendaraan pribadi. Selain tidak perlu bergabung dengan orang lain, kita dapat memilih berhenti sesuka hati di tempat-tempat menarik menuju ke tempat liburan kita.

Sekarang ini beberapa tempat sudah mulai mencabut keharusan memakai masker akan tetapi jika kita tidak merasa nyaman, tetap pakailah masker. Terutama di dalam ruangan. Kita tidak tahu seberapa bagus ventilasi udaranya dan orang-orang yang tanpa masker di dekat kita itu apakah sudah vaksinasi.

Jika memilih menggunakan pesawat terbang atau angkutan umum, pastikan kita tidak lupa memakai masker. Mereka juga sejauh ini masih menetapkan peraturan harus memakai masker bagi staf dan penumpangnya. Jaga jarak juga jangan dilupakan. Baik saat antri check in maupun duduk. Bukan berarti meski sekarang vaksinasi sudah mulai berjalan tapi kewaspadaan kita jadi berkurang.

Setelah semua siap, kita tinggal berangkat dan menikmati liburan dengan aman dan nyaman. Berlibur di pantai, pegunungan atau sekedar menginap di rumah saudara. Yang penting rencanakan dan pilih liburan yang sesuai dengan keinginan kita dan kita merasa aman menjalaninya di masa pandemi.