Passion membawanya menjadi seorang violist. Kontras dengan latar belakangnya yang merupakan lulusan S2 di salah satu universitas swasta di Jakarta.

Madeline Thjie  atau yang akrab disapa Maddy ini berseloroh mungkin dirinya tidak cocok kerja duduk di belakang meja. Yup! bisa jadi karena menjadi seorang pemain biola professional adalah panggilan jiwanya. Itu yang dituturkannya beberapa waktu lalu kepada KABARI.

Panggilan jiwa yang menghantarkannya dapat kolaborasi dalam satu penampilan bersama artis Indonesia seperti Judika, Vhirza, Vina Panduwinata, Rossa dan Mulan Jameela. Pun pernah mengiringi penampilan panggung band seperti Ungu, Noah, dan lainnya.

Wanita kelahiran Jakarta ini juga  acap kali diundang dan dipercaya untuk pentas di event-event instansi, nasional, dan internasional seperti di Singapura dan negara-negara di Eropa.

Maddy bercerita sudah mulai menyukai dan belajar musik sejak usia 4 tahun. Saat  kuliah Maddy mulai fokus sebagai pemain biola (Violinist). Ilmunya dia belajar secara otodidak.

“Biola ini saya belajar otodidak. Kenapa tertarik dnegan alat musik ini? Biola itu suaranya menghipnotis dan serasa menyatu dengan jiwa. Biola ini mudah dibawa kemana-mana yang mana menjadi violist ini saja jadikan profesi sekarang,” imbuhnya.

Terlebih sekarang ini pemain biola itu tidak hanya duduk saja tetapi bisa dibuat keren penampilannya.  Maddy mengatakan sebagai violist, dirinya dapat bermain dengan bermacam genre music, dari pop, rock, dangdut, lagu yang upbeat dengan berkolaborasi bersama disk jockey (DJ), sampai pentas bersama penari seperti yang pernah dilakukannya di sebuah acara yang dihadiri pejabat negara.

“Jelas menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bersyukur sekali karena sepertinya violist pentas bareng bersnama penari masih jarang di Indonesia,” kata Maddy yang lulusan Sarjana Teknik dan Magister Manajemen ini.

Oh iya apakah masih merasa gugup saat tampil? Iya jawabnya, apalagi jika ada klien yang meminta lagu yang berbeda. Sebab, Maddy harus  latihan lagi ditambah dengan suasana dan perubahan koreografer.  Soal materi lagu tergantung dari klien ingin lagunya bergenre apa dan Maddy akan mengikuti.

Sepanjang karirnya sebagai violist, Maddy belum menciptakan lagu sendiri. Bukan tanpa alasan, menciptakan lagu bukanlah perkara mudah untuk dirinya yang seorang violist.  Membuat lagu membutuhkan mood tersendiri belum lama musik instumental lebih sensitif.

“Lebih sedikit sulit untuk dicerna pendengar. Berbeda dengan luar negara, pasarnya sudah ada, agak sedikit sulit sih  di Indonesia apabila dibandingkan dengan di luar negeri,” katanya.  

Nah, bicara soal Violist tentu biola menjadi senjata utamanya.  Wanita yang mengidolakan Vanessa May, Bond, dan David Garrett ini mengatakan soal biola dan harganya tidak bohong, karena  banyak biola  yang dijual usianya sudah lama. Terkadang biola semakin tua usianya akan semakin bagus suaranya asalkan dirawat dengan benar.

“Merawat biola itu lumayan susah-susah gampang. Yang penting biola itu jangan asal diletakkan sembarang. Perhatikan juga suhunya dan biola harus tetap dipakai atau dimainkan,” tuturnya.

Perihal rencana kedepan, Maddy kini sedang memantapkan kolaborasi dengan beberapa DJ dan mungkin kedepannya akan mencoba menciptakan lagu sendiri.

Baca Juga: