Melalui Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, Mahasiswa Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB University, Safina Putri Afrilia berhasil mengikuti program pertukaran pelajar di University of Colorado Boulder.

Safina memperoleh kesempatan untuk belajar di luar negeri selama satu semester.

Safina memilih mata kuliah yang beragam, mengeksplorasi berbagai aspek seperti Global Change: An Earth Science Perspective, Media and Popular Culture, Environment, Media and Society, termasuk mengikuti kursus Becoming a Leader. Safina sangat terkesan dengan pengalaman akademiknya selama belajar di University of Colorado Boulder.

Saya mendapatkan banyak pengalaman berharga selama belajar disini, baik dari segi akademik maupun non akademik. Merasakan budaya yang sangat berbeda dari negara asal saya, membuka mata saya terhadap adaptabilitas dalam berbagai situasi dan budaya,” ungkap Safina.

Selama program pertukaran ini, Safina juga berhasil memperluas jaringan dan bertemu dengan berbagai individu yang menginspirasi.

Dia membagikan keyakinannya bahwa pengalaman belajar di luar negeri telah memberinya pelajaran berharga tentang keanekaragaman budaya dan koneksi global yang penting untuk masa depannya.

Safina mengungkapkan bahwa dirinya memiliki rencana yang jelas untuk masa depannya. Dia akan menyelesaikan gelar sarjananya dan berencana melanjutkan pendidikan ke tingkat magister di universitas impian di luar negeri.

Tak hanya itu, Safina juga berharap akan lebih banyak mahasiswa yang bisa menjelajahi kesempatan besar seperti IISMA.

“Saya merasa bahwa pertukaran pelajar ini telah memberi saya lebih dari sekadar pengetahuan akademik. Saya berharap lebih banyak mahasiswa IPB University dan mahasiswa ITK khususnya untuk dapat memanfaatkan kesempatan tumbuh dan belajar,” tambahnya.

Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Dr Syamsul Bahri Agus, sangat mengapresiasi dedikasi Safina dalam mempersiapkan diri untuk mengambil bagian dalam program IISMA ini.

Ia juga berharap, partisipasi Safina dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk meraih peluang serupa di masa mendatang.

“Kami berharap sekali bahwa pengalaman yang telah dirasakan Safina akan mampu mendorong mahasiswa lain untuk mengikuti berbagai program pertukaran pelajar yang dapat memperkaya pengalaman akademis dan pribadi mereka,” tutupnya.

Sumber foto: ipb.ac.id

Baca Juga: