Mahasiswa-Mahasiswi dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang saat ini sedang menjalani studi di Jabodetabek dan sekitarnya sepakat untuk membentuk organisasi mahasiswa. Dimana organisasi ini diberi nama “Ikatan Mahasiswa Maluku Barat Daya (IMMBD)” Jabodetabek.

Calvin Unwawirka yang merupakan Ketua pertama, sekaligus salah satu penggerak berdirinya IMMBD ini, mengatakan Organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk menyatukan seluruh mahasiswa MBD yang sedang berstudi di Jabodetabek dan sekitarnya.

“IMMBD ini sebagai wadah aspirasi seluruh Mahasiswa/i MBD di Jabodetabek. Kemarin (25 Januari 2023) sudah kami deklarasikan berdirinya Organisasi IMMBD di kantor Penghubung Pemprov Maluku di Jakarta”. Kata Calvin kepda KABARI.

Calvin menjelaskan, point-point pernyataan yang disampaikan dalam deklarasi merupakan komitmen dan tekad bersama seluruh mahasiswa MBD sekaligus semangat berdirinya organisasi IMMBD. Adapun point deklarasi IMMBD sebagai berikut:
1. Menjadikan wadah persekutuan kekeluargaan bagi mahasiswa/i Kabupaten Maluku Barat Daya di Jabodetabek.
2. Membina dan meningkatkan pengembangan diri bagi mahasiswa/i Kabupaten Maluku Barat Daya di Jabodetabek.
3. Mempersiapkan Pemuda/i Maluku Barat Daya yang ahli dan bertanggung jawab serta berkewajiban menjalankan panggilan di tengah-tengah masyarakat, perguruan tinggi dan negara.

Lebih lanjut Calvin mengungkapkan, selama ini mahasiswa/i MBD yang sedang berstudi di Jakarta dan sekitarnya tidak pernah bersatu, tidak saling kenal dan selalu terpencar-pencar sesuai lokasi dan tempat studi masing-masing.
“Semoga dengan adanya Organisasi IMMBD ini, dapat merangkul dan menyatukan seluruh mahasiswa/i MBD di Jabidetabek, agar saling mendukung dalam kesuksesan studi masing-masing maupun dapat berbuat sesuatu yang nyata dan bermanfaaat bagi diri sendiri, daerah dan bangsa”. harap Calvin.

Calvin dalam kesempatan ini mengajak seluruh mahasiswa/i MBD yang mungkin saja belum terakomodir/belum dirangkul untuk dapat bergabung dalam IMMBD, agar bersama-sama membangun Organisasi IMMBD Jabodetabek sebagai suatu wadah yang profesional dan dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i maupun daerah MBD pada khususnya.

Adapun Pengurus Pertama Organisasi IMMBD adalah sebagai berikut: Calvin Piter Unwawirka (Ketua Umum), Erik Sarak (Wakil Ketua Umum) dan Glori Latuperissa (Sekretaris Umum).