Beberapa tahun yang lalu, restoran berbahan dasar makanan organik sulit ditemukan di Indonesia. Bahkan, jika ada orang Indonesia yang ingin menikmati makanan berbahan organik harus menyebrang ke negara sebelah. Namun, kini beberapa restoran organik mulai bermunculan di beberapa kota besar, terutama Jakarta.

Kecenderungan untuk hidup sehat dan makan makanan yang sehat berbahan organik, mulai marak di kalangan menengah ke atas. Tentu saja, karena untuk menikmati berbagai makanan yang satu ini,  kita harus mengeluarkan uang yang lebih bahkan bisa berlipat dibandingkan dengan makanan serupa yang non organik. Untuk kalangan menengah ke bawah, tentu saja ini diletakkan di prioritas nomor sekian.

Lebih Mahal Tapi Menyehatkan

Ditinjau dari proses penanaman hingga panen, tanaman organik memerlukan biaya yang notabene lebih besar dan mahal dengan risiko yang lebih tinggi. Untuk membunuh hama tanaman yang non organik, bisa menggunakan pestisida atau herbisida kimia yang ampuh namun membahayakan. Hama bisa diatasi dengan segara, tanaman tumbuh dengan aman namun menyisakan residu yang berbahaya jika dikonsumsi. Berbeda dengan tanaman organik yang tidak menggunakan pestisida berbahan kimia. Begitupun dengan penggunaan pupuk dan pemilihan bibit yang harus bebas bahan kimiawi dan transgenik.

Selain itu para petani organik harus menjaga agar lingkungan sekitar lahan pertanian tidak tercemar bahan kimia. Wadah atau tempat penyimpanan hasil panen atau asupan organis harus bersih dan tidak boleh terpapar bahan non organis. Itu baru sebagian standar bagi mereka yang menanam tanaman organik. Standar kualitas inilah yang dibutuhkan agar tanaman organik mendapatkan sertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi Pangan Organik.

Bagi mereka yang sering mengkonsumsi makanan organik merasa badan mereka lebih fit. Badan terasa enteng, tidur lebih nyenyak, tidak mudah sakit bahkan ada yang sembuh dari kanker stadium lanjut.

Restoran Organik di Jakarta

Beberapa restoran berlabel makanan organik kini bisa dengan mudah kita temukan di Jakarta. Sebuah restoran yang memiliki lahan pertanian sendiri di Bogor, membuka rumah makan organik di kawasan Benhil Jakarta. Restoran Sehat Alami begitu namanya. Restoran yang bermula dari pengalaman pribadi pemiliknya dengan tanaman organik, kini sudah berkembang dengan menjual sayur, buah, kue basah hingga restoran. Ia sembuh dari kanker stadium lanjut berkat pola makan sehat dan benar.

Selain itu, restoran lain yakni Healty Choice sudah memiliki 4 outlet di Jakarta, yakni di Kebon Jeruk, outlet kedua di Pacific Place, outlet ketiga di Bellagio Kuningan, dan yang terakhir di Kelapa Gading. Semua supplier yang memasok kebutuhan restoran harus memiliki sertifikat organik. Sebagai alternatif, ada juga restoran organik Warung Daun di Kebayoran Baru. Menu yang disajikan adalah masakan sunda. Untuk investasi kesehatan di masa depan, begitulah yang ditawarkan restoran-restoran organik ini.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55078

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :