KabariNews – Makan makanan manis ternyata dapat membantu anda dalam menentukan sebuah keputusan penting. Hal itu terungkap pada hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Psikologi Sosial, Universitas Negeri Florida, Profesor Roy F. Baumeister.

Pada bukunya yang berjudul ‘Willpower: Rediscovering the Greatest Human Strength’, Baumeister mengatakan bahwa untuk membuat sebuah keputusan, otak manusia membutuhkan energi yang berasal dari glukosa.

Otak yang membantu manusia dalam ‘pengendalian diri’ untuk memutuskan sesuatu. Menurut Baumeister, pengendalian diri itu serupa dengan kerja otot, sebagaimana dikutip dari Health.com.

“Setelah Anda melakukan sesuatu, otot Anda akan kelelahan. Apalagi bila sesudahnya Anda harus membuat sebuah keputusan, maka keputusan buruk akan Anda pilih bila otak Anda merasa kurang glukosa,” kata dia.

Kudapan yang mengandung glukosa, seperti kolak, kue tart akan sangat membantu otak untuk kembali berenergi.”Namun protein yang dikombinasi dengan gula alami jauh lebih baik daripada makanan buatan,” ujar Baumeister yang menyarankan buah apel atau buah beri sebagai makanan kecil yang tepat.