Dikenal sebagai fashion designer, tapi siapa sangka Marchella Mulyawan ternyata memiliki passion besar di dunia tarik suara dan painting. Bisa dibilang Marchella Mulyawan yang menempuh pendidikan sampai strata 2 ini adalah seorang yang multitalenta.

Yup! Di dunia nyanyi Marchella pernah mencoba ikut berkompetisi di ajang Indonesian Idol 2023. Kendati tidak lolos di sesi audisi, namun Marchella berupaya memberikan yang terbaik aloh-alih bukan ikut lantaran iseng.

“Kalau dibilang iseng  tidak iseng juga. Dari dulu saya memang sudah suka menyanyi. Bahkan sebelum sekolah desain, saya sudah ikut les vokal dan sering ikut lomba-lomba, konser dan lainnya. Dari umur 6 tahun saya sudah hobi bernyanyi,” katanya kepada KABARI.

Marchella pun berujar menyanyi dan menjadi seorang fashion designer itu semuanya berjalan bersamaan.  Mungkin banyak orang berpikir, dari penyanyi ke fashion designer sepertinya jauh perbedaannya. Tetapi menurutnya, tidak juga karena sebenarnya di beberapa pertunjukan musiknya kebanyakan busana yang dikenakan olehnya dibuat oleh Marchella sendiri.

“ Jadi yang membuat saya unik itu  dibanding yang lainnya seperti itu kurang lebihnya. Bisa dikatakan saya lebih independen dan multitalentend,” tuturnya.

Hampir di semua show, Marchella menggunakan busananya sendiri bahkan sebelum ikut dalam audisi Indonesian Idol Season 12.  Keikutsertaannya di ajang pencarian bakat ini juga bukan suatu yang dadakan sifatnya. Di tahun sebelumnya wardrobe Marchella banyak dikenakan oleh kontestan Indonesian Idol.  “Seiring berjalannya waktu saya kemudian ditawarkan untuk ikut audisi jadi ya kenapa tidak,” katanya.

Selain Indonesian Idol, multitalentanya Marchella juga dipertunjukkan saat ikut dalam Miss Chinese Indonesia 2021. Oh iya, dia menuturkan ikut ajang ini juga bukan semata-mata karena iseng. Marchella  tidak pernah mengerjakan sesuatu karena keisengan belaka  dan akan selalu memberikan yang terbaik dan maksimal.

Hasilnya dia menjadi juara di ajang ini dan dianugerahkan Miss Chinese Indonesia 2021. Kenapa dianugerahkan multitalented? Marchella  saat itu membuat satu video, bernyanyi dalam dua Bahasa dan menunjukkan kepiawaiannya dalam melukis. Dan dewan juri melihat dirinya menjadi sosok yang tepat untuk diberikan anugerah itu.

Soal painting atau melukis sejurus dengan menyanyi yang telah menjadi hobinya dari kecil.  “Dulu itu belum gambar busana namanya anak-anak suka menggambar dan melukis apa saja,” tuturnya.

Dan fashion baginya sangat luas karena fashion itu menggambarnya dari nol, dari ide sampai jadi sebuah busana membutuhkan proses yang  panjang. Dan menggambar itu jadi bagian dari proses tersebut.

Nah, bicara soal pendidikan Marchella yang memiliki gelar BA dan MSc ini mengatakan pendidikan adalah sebuah asset yang sangat berharga. Dia bersyukur menjadi individu yang selalu penasaran dan ingin terus belajar.

Marchella menempuh pendidikan fashion di ESMOD Paris sebelumnya belajar fashion di ESMOD Jakarta, Marchella menjalani pendidikan di ESMOD Jakarta selama dua tahun dan banyak mendapat ilmu tentang bagaimana merancang busana yang baik dan benar, serta belajar membuat karya yang menjadi trend di masa depan.

Sementara S2-nya Marchella mengambil jurusan yang berbeda yaitu mengenai bisnis. Kenapa S2  soal bisnis? Alasannya karena dia menganggap fashion itu adalah salah satu bisnis terbesar di dunia.

“Fashion telah menjadi kebutuhan orang di seluruh dunia jadi tidak ada salahnya jika belajar tentang bisnis. Ya, selain saya yang suka belajar dan peduli soal pendidikan,” pungkas Marchella yang sedang mempersiapkan offline butiknya ini.

Baca juga: