Usaha parfum menjadi salah satu usaha yang menguntungkan untuk jangka panjang, karena parfum sudah menjadi salah satu kebutuhan hampir sebagian besar orang dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini yang menjadi alasan Mariska Agustina dan Syafii Sugara, mendirikan brand parfum bernama EITR Fragrance.Selain dari alasan mereka ingin memiliki punya parfum sendiri dengan wangi dan kualitas parfum dunia, tetapi dengan harga yang affordable.

“ Rencana  mendirikan usaha parfum sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020 tapi saat itu terkendala pandemi sehingga selama kurun waktu 2 tahun itu kami gunakan untuk mendalami riset market dan produk, sampai akhirnya di akhir tahun 2022 masa dimana trend market bisnis kosmetik sedang berada di puncaknya, jadi di saat itulah EITR Fragrance mulai launching tepatnya di bulan November 2022,” tutur Mariska kepada KABARI.

Nama EITR sendiri diadopsi dari Bahasa arab yang artinya “wewangian, harum”. Tercetusnya nama EITR ini agar selalu menjadi doa ketika disebutkan terus menerus, karena kami percaya bahwa ucapan adalah doa. Mariska percaya ini akan selalu menjadi doa untuk EITR sehingga menjadi wewangian yang benar-benar harum sesuai dengan namanya.

Mariska menjelaskan produk EITR Fragrance ada 2 jenis yaitu Eau de Parfum (EDP) ukuran 35ml dan Exclusive Set 50ml Extrait de Parfum. Perbedaannya dari segi persentase Consentrated Perfume Oil (bibit & essence parfum).

 Untuk jenis Eau de Parfum (EDP) menggunakan 40-60% Consentrated Perfume Oil, sedangkan jenis Extrait de Parfum menggunakan 50-70% Consentrated Perfume Oil.  Eau de Parfum (EDP) ukuran 35ml terdiri dari 28 varian, dan Exclusive Set 50ml Extrait de Parfum terdiri dari 20 varian.

EITR Fragrance menggunakan alcohol food grade dari fermentasi tumbuh-tumbuhan dan bahan baku organic. Dengan keunggulan ini diimbangi dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding produk parfum sejenis. Alcohol food grade aman untuk kulit, tidak panas, aman juga buat shalat terutama bagi para muslim. EITR Fragrance ramah di kulit dan tidak membuat kulit kering. EITR memformulasi cairan parfum ini bisa menyatu (blend) dan melembabkan kulit.

Filosofi  “old but gold”

EITR Fragrance menggunakan volume bibt dan essence lebih banyak dibanding campuran alcohol. EITR memadukan essential oil tumbuh-tumbuhan, bunga dan buah untuk mendorong karakter wangi sehingga dapat dipastikan lebih harum dan jauh lebih awet dibanding parfum lain. Parfum EDP dan Extrait de Parfum di luaran banyak, tetapi konsentarsi yang Mariska gunakan lebih tinggi dibanding kompetitor sejenis, kita berani menggunakan konsentrasi dan volume bibit & essence real sesuai kelasnya, tidak ada yang dikurangi.

EITR Fragrance benar-benar membuktikan kualitas bukan sekedar iklan (terbukti dari jumlah quantity yang sudah tersebar dengan cepat ke konsumen dan adanya repeat order dari konsumen)

Yang menarik dari EITR Fragrance selain kualitasnya yaitu keunikan kemasan EITR Fragrance yang mengadaptasi desain vintage retro menggunakan warna dan bahan kertas craft, ini terinspirasi dari buku-buku jaman dulu yang menurut Mariska mempunyai nilai tersendiri. Filosofinya “old but gold” dan ini salah satu yang membedakan juga dengan kemasan parfum-parfum lokal sejenis pada umumnya.

“Produksi parfum kami home industry dan pabrikan di Bandung. Untuk inspired perfume kami masih home industry, tapi untuk signature parfum kami (parfum dengan wewangian kreasi sendiri, non inspired) diproduksi di pabrik dengan standarisasi BPOM. Signature parfum kami baru akan launching sekitar 2 bulan lagi,”tutur Mariska.

Dia menceritakan pada awal launching produksi hanya sekitar 30 botol per hari, seiring bertambahnya mitra kami (distributor & reseller) selama 6 bulan ini permintaan semakin meningkat sehingga produksi per bulan mencapai 3.000-5.000 botol. Total produksi sejak launching bulan November 2022 hingga Juni 2023 mencapai 28.000 botol lebih.

“Dengan modal awal belasan juta, kami berhasil mencapai omset hingga ratusan juta dalam 6 bulan menjalankan bisnis inspired parfum ini. Harga jual parfum kami yang Eau De Parfum (EDP) 35ml seharga 99.000/botol, dan yang Exclusive Set 50 ml (Extrait de Parfum) seharga 150.000/botol. Harga ini terbilang sangat terjangkau jika dibandingkan dnegan  harga parfum bermerek lain yang mencapai jutaan rupiah,” imbuhnya.

Sistem Distributor & Reseller

EITR Fragrance membuka sistem kemitraan yaitu Distributor & Reseller. Hal ini sangat membantu mempercepat distribusi barang ke konsumen. Yang di awal masih jual door to door hingga saat  ini sudah ada kurang lebih 32 Distributor dan banyak reseller yang tersebar di Indonesia yaitu di DKI Jakarta, Pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah), Banten, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat (Mataram).

Mariska menjelaskan keuntungan dari sistem kemitraan ini adalah kami mendapat Marketing Advocacy dari konsumen (tersebar dari mulut ke mulut dengan cepat), tentunya hal ini juga didukung dengan kualitas produk yang baik sehingga mempercepat penyebaran produk ke konsumen.

“Bisnis EITR Fragrance adalah Bisnis Berkah Bersama, yang menarik dari bisnis ini ada garansi retur barang misalnya ada barang yang tidak laku nanti bisa ditukar produknya & buyback (money back guarantee) apabila ada mitra yang terkendala dan mungkin tidak bisa melanjutkan hubungan kemitraan kami bisa buyback produk yang ada di mitra sejumlah dengan harga belinya. Kami menggaransi para mitra sampai ke konsumen tidak ada yang dirugikan,” katanya.

Selain distribusi melalui distributor & reseller, Mariska juga aktif memasarkan produk  secara online di social media dan marketplace, dan juga secara offline dengan memanfaatkan kesempatan seperti kegiatan bazar/pameran.

Perihal target dari EITR Fragrance, Mariska mengatakan  dalam waktu dekat aklan mengeluarkan varian parfum yang menjadi signature sendiri. Dia juga ingin mengeluarkan produk-produk perawatan tubuh lainnya mulai dari kepala hingga kaki (head to toe) mungkin kayak skincare, hair mist, hand body lotion, atau sabun yang fragrance-nya itu original kita.

Adapun target jangka panjang sebagai pelaku usaha, tujuan utama EITR Fragrance adalah menjadikan produk parfum ini sebagai brand market leader di seluruh Indonesia. Kami ingin produk kami dikenal luas dan menjadi pilihan utama bagi konsumen dalam memlilih parfum atau produk perawatan tubuh.

Selain itu target EITR Fragrance ingin memiliki pabrik kosmetik sendiri. Dengan memiliki parbrik sendiri, dapat meningkatkan valuasi produk, mengontrol kualitas produk dengan  lebih baik, dan meningkatkan kemampuan kami dalam menanggapi permintaan pasar dengan cepat. Selain itu, hal ini juga akan menciptakan banyak peluang kerja baru bagi masyarakat setempat.

“Kami bercita-cita untuk menjadikan perusahaan ini sebagai perusahaan besar yang profesional dan Amanah. Kami akan menjalankan operasional bisnis dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, termasuk transparansi, integritas, dan kepatuhan terhadap peraturan dan undang-undang yang berlaku,” pungkas Mariska.

Artikel ini dapat dilihat di Majalah Digital Kabari Edisi 190

Baca juga: