KabariNews -Komunitas Indonesia di Michigan telah menyelanggarakan Piknik Tahunan untuk teman dan kerabat sejak 2001. Dimulai dari acara kumpul-kumpul yang dihadiri 50 sampai 60 orang. 

Pada tahun 2008 kami mulai menyelenggarakan Piknik Tahunan kami untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di Michigan. Kemudian kami mengganti namanya menjadi Piknik 17 Agustusan IndoMichigan.

Sekarang, jumlah rata-rata peserta piknik ada 200 sampai 250 orang. Peserta terdiri dari teman-teman dan kerabat orang Indonesia yang datang dari Michigan dan North Ohio. Tahun ini ada juga teman-teman lama kami yang datang dari North Carolina.

Kami beruntung telah mendapat dukungan dari Konsulat Indonesia dari Kantor Chicago. Mereka sangat membantu Komunitas Indonesia di Michigan yang tidak dapat datang ke Chicago.

Acara perayaan selalu dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya, disusul oleh menyanyikan lagu-lagu lain yang merayakan rasa cinta kepada tanah air Indonesia, mengheningkan cipta untuk para pahlawan kemerdekaan. Dan untuk tahun ini kami mengheningkan cipta dan memanjatkan doa untuk para korban gempa bumi di Lombok baru-baru ini. Kami juga membuka kotak sumbangan untuk saudara-saudara kita di Lombok. Di akhir acara, terkumpul sumbangan sebanyak 391 dolar.

Kami juga bersyukur atas dukungan para penari BTI (Bhineka Tunggal Ika), yang membawakan tarian-tarian tradisional di acara kami.

Kami mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak dan juga bagi mereka yang berjiwa anak-anak, yaitu untuk lomba tarik tambang, balap karung, balap bakiak dimana tiga orang dalam satu regu beradu cepat dengan regu-regu lainnya, lomba pecah balon dan lomba-lomba lain. Seru untuk semua umur.

Tidak lupa, acara tidak lengkap tanpa adanya sajian-sajian rumahan yang lezat. Masakan asli Indonesia seperti rendang, opor, nasi goreng, mie goreng, sate ayam, gudeg dan banyak lagi sajian lezat lainnya. Dan menu istimewanya adalah Es Shanghai ala mbak Daisy, yang selalu dinanti-nanti di acara ini.