kayu manis

Anda pasti pernah mengkonsumsi kayu manis meski dalam bentuk kecil, misalnya pada roti atau kue, masakan juga minuman. Harumnya taburan bubuk kayu manis menjadikan cita rasa makanan dan minuman semakin enak. Ada yang perlu Anda ketahui, bahwa aroma khas kayu manis tidak hanya melezatkan makanan tapi di dalamnya juga terkandung banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja kayu manis bisa digunakan sebagai salah satu obat alami pada gangguan pencernaan, mengobatai peradangan, meningkatkan fungsi otak dan mengandung antioksidan tinggi.

Kayu manis mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Pada 2 sendok kayu manis terkandung 45 persen dari asupan harian tubuh. Rempah harum ini juga mengandung 11 persen gizi yang dibutuhkan tubuh.

Dari zaman nenek moyang dulu, kayu manis sudah dimanfaatkan untuk pengobatan. Di Mesir Kuno, kayu manis diguanakn sebagai bahan pengawet jenasah, di Eropa kayu manis digunakan sebagai rempah penanda kekayaan dan untuk para koki kayu manis juga digunakan sebagai pengawet daging.

Meski jaman sudah semakin maju dan berkembang, bukan berarti rempah alami tidak bermanfaat. Sampai saat ini saja, masih banyak orang menggunakan khasiat rempah sebagai salah satu sumber pengobatan dan pencegahan penyakit. Anda bisa mencoba kayu manis untuk melangsingkan tubuh. Mau tahu bagaimana cara kerjanya?

Kayu manis bisa dimanfaatkan untuk melancarkan program diet, pasalnya kayu manis bisa membantu membatasi efek negatif dari asupan karbohidrat tinggi. Sebagai contoh, misalnya Anda menyantap banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, maka tubuh secara otomatis akan menyerap lemak. Di saat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin untuk memetabolisme dan membakar jumlah gula dan pati, kadar gula darah pun meningkat sehingga membuat lemak menumpuk. Ini yang biasa dialami banyak wanita, alhasil tubuh menjadi lebih gemuk.

Peran kayu manis bisa mengatasi masalah di atas dengan memproduksi insulin dan mengatur masalah kelebihan berat badan dengan cara memperlambat rasa lapar. Karena proses pencernaan makan yang dihambat oleh kayu manis, nafsu makan pun jadi menurun sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Keuntungan lainnya adalah Anda yang mengkonsumsi kayu manis secara rutin dapat  terbebas dari beberapa penyakit seperti jantung, diabetes dan kebutaan.

Sangat mudah memanfaatkan kayu manis. Satu sendok teh kayu manis per hari sudah cukup memberikan manfaat karena kelebihan kayu manis (lebih dari dua sendok teh per hari) bisa mengencerkan darah.  Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencampur bubuk kayu manis atau sebatang kayu manis dalam potongan kecil dan mencapurkannya pada makanan atau minuman.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58353

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :