Anda pasti sudah pernah coba atau makan jenis sayuran yang satu ini, kangkung. Di Indonesia sayuran hijau ini bisa olah untuk berbagai macam masakan, di tumis, di rebus, di plecing, bahkan bisa juga digunakan sebagai sayuran pelengkap untuk membuat gado-gado dan rujak kangkung. Kangkung sangat murah dan mudah didapat, jadi tak jarang di Indonesia  kangkung mudah ditemukan. Ada yang menggembirakan untuk Anda pecinta masakan kangkung, ternyata kangkung bukan hanya menjadi lauk yang sedap untuk makanan Anda, tapi juga memberi nutrisi dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan Anda, termasuk melindungi tubuh dari kanker.

Dilansir dari Food Nutrition Knoji, kangkung mengandung nutrisi yang luar biasa, pasalnya Selain kaya akan zat besi, kalsium dan riboflavinnya cukup tinggi. Kangkung juga mengandung antioksidan dan vitamin A dan C. Tak hanya itu saja, kangkung juga mengandung karotenoid, yaitu pigmen tumbuhan yang pada saat dicerna dalam tubuh akan diubah  menjadi vitamin A. karotenoid di dalamnya mengandung antioksidan yang kuat dan memiliki sifat mencegah peradangan dan anti kanker.

Konon kangkung sudah dikenal sebagai sayuran obat. Bahkan di Asia Tenggara, kangkung terkenal sebagai obat tradisional untuk mencegah beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit mata. Kandungan lutein yang ada dalam kangkung dipercaya bermanfaat untuk kesehatan mata. Dalam penelitian pernah dibuktikan, bahwa asupan lutein yang meningkat dapat menurunkan risiko katarak pada mata. Bukan hanya itu saja, kangkung juga memiliki anti mikroba dan anti ulcerogenic yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah pada tukak lambung.

Sebuah penelitian pernah dilakukan di India, yang menunjukan daun kangkung sampai batangnya dapat dimanfaatkan untuk melawan dan menghancurkan sel kanker. Penelitian lain yang dilakukan pada 2005 juga menunjukan rutin mengkonsumsi kangkung dapat menghambat penyebaran glukosa, sehingga sayuran hijau ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bagaimana, Anda suka makan sayuran kangkung? (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?49217

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :