Tak dipungkiri banyak tempat cantik di kota Bandung untuk dijadikan spot swafoto sekaligus menyenangkan hati. Ya, salah satunya adalah Roemah Tafira Handycraft. Di sini kita bisa melakukan swafoto bersama barang-barang vintage sederhana yang unik. Kesannya seperti kembali ke masa lalu dengan cantik maksimal.

Roemah Tafira, kata Tuti Yulianti Pemilik Roemah Tafira Handycraft, adalah workshop handycraft yang telah berdiri dari tahun 1997 dan bergerak di bidang kerajinan yang lebih mengutamakan bahan-bahan daur ulang atau bahan yang ada di sekitaran rumah.

“Nama Tafira ini diambil nama anak saya yang kedua, Disa Tafira Raimalda Tafira. Saya orang Bandung tetapi suami tugas di sana jadi anak-anak lahir di Riau semuanya,” kata Tuti beberapa waktu lalu kepada Kabari.

Kerajinan yang ada Roemah Tafira ini banyak jenisnya mulai dari bekas tutup botol air mineral, tong dari bekas obat farmasi, kaleng bekas kue, bekas botol kecap, panci atau wajan. Sampai sendok apapun yang sudah berkarat tidak dipakai dijadikan hiasan. Pun dengan bekas sikat gigi, kuas yang tidak terpakai apapun itu namanya bisa jadi hiasan.

“Jadi kalau di rumah bisa dilihat saya ban-ban bekas pun dijadikan pot tanaman, drum bekas dijadikan kursi dan semua rata-rata dari bahan daur ulang,” kata Tuti.

Dan keseluruhan barang itu, kata Tuti, untuk dijual. Khusus barang-barang vintage di Roemah Tafira ada kebetulan dirinya bukanlah kolektor. Tuti bercerita, awalnya ikut lomba foto yang diadakan di luar negeri seperti di Brasil, Italia, Spanyol dan selalu menang dengan ciri khas gaya fotonya yang vintage.

“Lama kelamaan saya jadi dikenal orang. Banyak yang direct message (DM) menawarkan barang-barang jadi banyak. Jadi saya tidak hunting atau mencari kesana kesini itu semua dari DM atau ada yang nawarkan via WA, IG, FB,” tutur Tuti. “Koleksi barang-barang jadul ini saya dapat dari orang-orang tua. Lama-lama karena sudah banyak, saya jualan barang-barang vintage jadi betul bukan kolektor asalnya.”

Selain dijual barang-barang vintage di rumah Roemah Tafira dijadikan booth photo untuk yang “Booth dan photo yang dibuat pun kadang dari barang-barang sederhana yang ada di sekeliling rumah kita,” tambahnya.

Nah, yang berkunjung yang ke rumah Roemah Tafira tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Turis dari Malaysia sampai orang Timur Tengah pernah berkunjung kesini karena penasaran dengan Roemah Tafira. Istri Mantan Wakil Presiden Budiono pun pernah mampir ke Roemah Tafira ini.

“Rata-rata yang berkunjung kesini senang karena memang saya tujuannya selain jualan juga untuk menyenangkan hati ibu-ibu yang suka dengan selfie,” tutur Tuti.

Dan harapan ke depannya Roemah Tafira, kata Tuti, ingin punya lahan yang bisa dibuat tempat seperti galeri, cafe kopi dengan kuliner makanan daerah. “Jadi bisa beli makanan juga dan bisa buat photo booth intinya jadi tempat yang instagramable,” pungkasnya.