Menjadi seorang Puteri Indonesia adalah mimpi yang dielukan seorang Cindy May Mc Guire. Sekarang mimpi itu berhasil diwujudkannya. Cindy May Mc Guire adalah Puteri Indonesia 2022 DKI Jakarta 5.

Puteri Indonesia bukan hanya sebuah title semata yang tiada arti. Puteri Indonesia lebih kepada peranan dan tanggung jawab. Ketika menjadi Puteri Indonesia berarti memiliki tanggung jawab dan tugas yang berfokus pada perubahan komunitas dan dapat mencurahkan hati dan tenaga untuk memberikan kontribusi dalam bermacam-macam kegiatan sosial.

Kegiatan sosial dan Cindy seperti mata uang, tak bisa dilepaskan. Cindy sudah lama berkegiatan sosial terutama dalam bidang kesehatan. Maklum saja Cindy adalah seorang dokter yang pernah menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Islam Bandung. Kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan Master of Health Leadership and Management di University of New South Wales Australia.

Peran sebagai Puteri Indonesia dilihatnya selain dapat memberikan suara perubahan juga dapat memberikan suatu aksi yang nyata. Menjadi Puteri Indonesia bisa memberikan dan menjadikan contoh bagi masyarakat dan generasi muda agar dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara.

Sebelum mengikuti kontes Puteri Indonesia, wanita cantik ini telah mengikuti kontes lainnya baik dalam skala daerah dan nasional. Sebelumnya Cindy pernah terpilih sebagai Miss Tourism World Indonesia 2020 dan Mojang Jawa Barat 2015. Semua itu dicapai tidak dengan instan dan perlu proses untuk memantapkan diri. Saat merasa sudah cukup mantap, Cindy mengikuti kontes Puteri Indonesia.

Bulan desember 2021, Cindy mendaftarkan diri dan melalui proses penyaringan. Cindy terpilih sebagai finalis Puteri Indonesia DKI Jakarta 5 setelah mengikuti audisi pusat di Graha Mustika Ratu, Jakarta. Audisi pusat dilaksanakan dalam 3 gelombang dan dimulai sejak 13 Januari 2022.

Melakukan Advokasi dan Penyuluhan Kesehatan

Selama menjabat sebagai Puteri Indonesia DKI Jakarta 5, putri dari Ayah yang berasal dari Amerika dan ibunya dari Indonesia ini sudah melakukan berbagai event yang memiliki kapasitas audiens yang cukup banyak, contohnya ajang Esport yang dihadiri oleh pejabat pemerintahan Indonesia, event vaksinasi booster dimana Cindy memberikan edukasi mengenai vaksinasi dan memberikan masker dan lainnya. Selain event juga advokasi yang dijalani secara rutin yang dilakukan di berbagai daerah seperti di Cirebon, Ciamis, Bandung dan Jakarta.

Cindy memberikan nama program advokasi itu sebagai compassion with passion. Cindy bersama dokter dan rekan lainnya memberikan edukasi seperti bagaimana caranya menangkal penyakit dan mencegah penyakit.

Cindy mengatakan tahun 2009-2019 penyakit seperti diabetes dan hipertensi sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya dan salah satu cara paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan cara memberikan pengetahuan cara mencegahnya. Selain memberikan penyuluhan juga memberikan vaksin kepada anak-anak yang belum menerima vaksinasi di beberapa daerah.

Untuk mengampanyekan pentingnya vaksinasi, Cindy bekerja sama dengan kelompok ibu-ibu dan sekolah. Di tengah masa pandemi ini, Cindy juga memberikan edukasi tentang pencegahan Covid-19.

Dalam melakukan segala aktivitas sosialnya, ada pengalaman dan pelajaran yang dia petik. “Pelajaran yang saya petik adalah saya merasa lebih meningkatkan rasa empati yang tinggi keinginan yang kuat untuk membantu dan mengerti arti kebersamaan itu sangatlah penting, saya jadi merasa dapat memaknai hidup lebih dalam,” kata Cindy. “Saya belum merasa puas terhadap apa yang telah saya lakukan dan ingin terus melanjutkan memberikan sesuatu yang dapat diberikan kepada masyarakat.”

Bertemu Presiden Joko Widodo

Suatu waktu Cindy bersama dengan Puteri Indonesia lainnya bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Bagi dirinya hal ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa karena dapat bertemu dengan Presiden Jokowi.

Dalam forum ini dirinya dapat bertukar informasi dan opini mengenai pembangunan ekonomi dan Ibu Kota Nusantara (IKN). “IKN adalah langkah maju yang sangat tepat karena populasi Pulau Jawa sangat tinggi dan pembangunan ekonomi belum merata dan hanya berpusat di Jakarta saja, Jadi IKN diharapkan menjadi langkah maju dalam pemerataan ekonomi yang juga membantu dari tujuan-tujuan dari bangsa Indonesia,” tuturnya.

Selain juga IKN akan mengusung green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia. Ini pun akan menjadi peradaban lebih mutakhir lagi bagi bangsa indonesia. IKN pun dirancang sebagai katalis untuk membuka potensi ekonomi Indonesia secara keseluruhan, mendorong pertumbuhan, dan menciptakan lapangan kerja. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :