MITOS: Perasan jeruk nipis dan kecap dapat meredakan batuk

FAKTA : Benar! Jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam sehingga dapat mematikan bakteri penyebab batuk. Sedangkan kecap hanya sebagai penyeimbang rasa asam saja.

MITOS: Setelah mengkonsumsi masakan yang dipanggang, seperti sate, steak harus mengkonsumsi mentimun.

FAKTA : Benar, Daging yang dibakar dalam suhu tinggi memproduksi zat karsinogenik yang berpotensi memnyebabkan kanker. Sedangkan mentimun mengandung zat antikarsinogenik yang berpotensi dan flavonoid yang dapat memproduksi tubuh dari kanker.

MITOS : Makan buah nanas dapat menyebabkan keguguran

FAKTA : Salah. Belum ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Justru di dalam nanas terkandung enzim bromelin yang dapat mencerna protein dalam makanan agar lebih mudah diserap tubuh. Mengkonsumsi nanas juga dapat mengurangi risiko kolesterol, diabetes,dan sakit jantung.

MITOS : Cokelat penyebab utama kerusakan gigi

FAKTA : Salah! Anggapan ini tidak berdasarkan beberapa makanan lain, seperti pizza atau krim keju yang mengandung asam justru lebih berdampak buruk pada gigi dari pada cokelat. Sebab asam bersifat korosit (pengikisan). Camilan peningkat mood ini baru bisa berbahaya pada gigi, jika dimakan jelang tidur dan tidak menggosok gigi sampai pagi. Makanan dan sisa-sisa cokelat dan gula dapat menempel dan menyebabkan karies atau karang gigi.

MITOS : mencampur minum panas dan dingin, bikin anyang-anyangan.

FAKTA : Salah. Kedua jenis air ini tidak berhubungan. Sebab anyang-anyangan terjadi karena gangguan infeksi pada saluran kemih yang bisa disebabkan oleh sumbatan berupa batu Kristal atau batu ginjal, sehingga terasa sakit saat buan air kecil. Hal ini juga bisa terjadi karena sering menahan pipis, sehingg air seni menjadi pekat dan mengendap. Kurang minum juga menjadi salah satu factor terjadinya anyang-anyangan.

MITOS : Berciuman dapat menularkan virus dengan cepat.

FAKTA : Salah. Jumlah virus flu yang ada pada bibir dan mulut sedikit. Sedangkan virus flu adalah lendir yang berada di hidung, jadi tidak benar jika ada mitos beredar ciuman dapat menularkan virus flu. Kita berciuman menggunakan bibir bukan hidung.

MITOS : Makan jambu biji dapat menyebabkan usus buntu.

FAKTA : salah. Penyakit usus buntu disebabkan oleh adanya bakteri pathogen yang menginfeksi usus besar. Jadi tidak ada hubungannya dengan jambu biji, karena jika dimakan tidak akan menyumbat usus karena akan langsung keluar saat buang air besar.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67807

Untuk melihat artikel Serba-Serbi lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan