Motivasi sangat penting dalam hidup kita. Kita pasti memiliki motivasi. Kadang tanpa kita sadari. Sekecil apapun. Bangun lebih pagi agar dapat berolahraga, berangkat kerja lebih awal agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, menabung agar dapat membeli sesuatu yang kita inginkan, belajar tekun agar lulus tes, semua itu berawal dari motivasi.

Keberhasilan motivasi merupakan langkah awal menuju kesuksesan. Tapi tidak semua motivasi akan selalu mulus jalannya menuju sukses. Membuat motivasi pada diri sendiri bukanlah hal yang sangat mudah. Karena kekuatan motivasi kita dapat terpengaruh banyak hal, yang dapat menunda atau mengakibatkan kita menyerah, yaitu seperti rasa kurang percaya diri serta rasa ketakutan untuk memulai. Karena itu kita membutuhkan suatu niat, komitmen, semangat dan kerja keras.

Mulai dari Langkah Kecil

Mencanangkan motivasi boleh setinggi bintang di langit. Tapi sebaiknya mulailah mengerjakan dari baby steps, yaitu dari yang kecil dulu. Misalnya motivasi ingin hidup lebih sehat dengan mulai berolahraga, mulailah dengan olahraga beberapa menit dalam sehari, kemudian barulah ditambah intensitasnya. Jangan malu untuk memulai dengan langkah kecil. Seperti juga jika mengikuti kompetisi sebuah lomba karya atau memulai bisnis. Fokuskan juga pada satu tujuan. Karena jika langsung mengerjakan dalam skala yang besar, rumit, sekaligus beberapa tujuan, bisa mengakibatkan kelelahan lalu akibatnya akan cepat menyerah.

Agar selalu tetap semangat, dan ingat tujuan yang akan dicapai. Tulis dalam kertas, tempel dimana-mana, di meja kerja, di pintu kulkas, di komputer, serta nyalakan alarm di telepon genggam. Misalnya jam sekian harus siap mengerjakan sesuatu, per dua jam harus minum air putih, atau mengingatkan untuk memulai menyelesaikan deadline. Dengan begitu, kita terpacu untuk mengikutinya.

Jangan Berhenti dan Menunda

Jika memulai sesuatu, pastikan tidak berhenti atau menunda lama. Lakukan secara rutin dan konsisten. Contoh jika akan mengikuti satu lomba, motivasinya adalah menang, jadi setiap hari harus berlatih. Tapi seandainya ternyata ada satu hari tak bisa berlatih karena ada halangan, jangan tunda lagi keesokan harinya. Menunda dalam dua hari akan menumpuk kemalasan. Kita harus ingat fokus pada motivasi. Tanpa rajin berlatih, susah untuk menang.

Gunakan visualisasi keberhasilan motivasi kita seandainya rasa malas melanda. Betapa menyenangkannya jika kita menang, berhasil lulus ujian, atau sukses dalam berbisnis. Kita akan dapat masuk ke bidang yang kita inginkan, tabungan bertambah, serta dapat liburan kemana saja. Dengan menggunakan visualisasi itu, kita akan semangat lagi untuk rajin berlatih.

Bersama Teman

Jangan banyak berpikir jika akan memulai. Terutama berpikir bagaimana kalau gagal. Mencomot slogan iklan salah satu merek produk olahraga terkenal, Just Do It. Sebelum rasa kurang percaya diri, rasa ketakutan muncul, just do it! Berpikirlah positif apa yang akan kita dapat setelah melakukan itu. Berpikir saya pasti bisa! Kalau pun muncul pikiran seperti pasti susah sekali bangun pagi untuk mengerjakan tugas, bagaimana kalau kita alihkan pada pikiran bahwa jika kita melakukan lebih dini, tugas akan selesai lebih awal, dan kita akan punya banyak waktu lebih panjang untuk melakukan hal-hal lain.

Salah satu cara agar motivasi tidak cepat padam, cari teman yang sejalan pemikirannya untuk melakukan hal yang sama. Paling tidak, mereka yang mendukung tujuan kita. Sehingga dapat saling menguatkan atau mengingatkan jika rasa malas melanda. Cara lain dengan masuk ke dalam kelas atau grup. Bergabung bersama orang-orang yang memiliki tujuan yang sama akan membuat kita makin semangat. Bahkan dapat berkompetisi menjadi yang terbaik.

Jalan-jalan Cari Inspirasi

Ketika sudah memiliki motivasi, jangan lupakan untuk terus mencari inspirasi. Bertemu dan ngobrol dengan orang-orang sukses dapat menimbulkan inspirasi selain kita juga dapat menimba ilmu. Membaca buku, menonton film atau sekedar duduk di taman menghirup udara segar dapat mendatangkan inspirasi. Menghadiri acara-acara yang sesuai dengan sesuatu yang sedang kita lakukan juga perlu. Misalnya ke pameran seni, acara musik, atau ke toko buku.

Seperti idiom, kill two birds with one stone, saat mencari inspirasi itu juga dapat menjadi penghargaan bagi kerja keras kita. Atau sebaliknya, yaitu menikmati hasil kerja keras, sekaligus mendapatkan inspirasi. Jangan pernah lupa untuk merayakan keberhasilan kita. Sekedar makan malam, bersantai bersama teman-teman, atau liburan keluar kota.