Merebaknya pandemi Corona atau Covid-19 memberikan dampak kepada masyarakat yang kurang beruntung dalam berpenghasilan eknomi. Hal ini menjadi perhatian bagi sekelompok relawan yang tergabung dalam Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) S3 FHUI untuk peduli terhadap masyarakat ekonomi bawah dengan membagikan 1000 paket sembako di wilayah Jakarta, Depok hingga Bogor.

Sebelumnya, kesepakatan tim peduli ILUNI UI S3 FHUI ini telah dilaksanakan diskusi melalui Zoom Meeting tahap awal pada tanggal 26 Maret 2020 sebagai tahap awal, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua pada tanggal 1 April 2020 dengan hasil sepakat untuk merencanakan, mengadakan dan menyalurkan 1000 paket sembako,

Gagasan tim peduli ini dibentuk oleh beberapa anggota ILUNI UI S3 FHUI diantaranya adalah, Prof. Dr. Gayus Lumbuun , SH. Selaku Ketua, Sekertaris umum terdiri dari : Dr. Inosentius,SH. Samsul, Dr. Lidia Suryani,SH. Dr. Mohammad Ryan Bakry ,SH. Dan sebagai Bendahara yaitu Dr. Arina N. Shebubakar,SH.Dr. Aartje Tehepeiory,SH. Serta para Penasehat terdiri dari Prof. Dr. Harkristuti Hakrisnowo,SH Dr. Jufrina Rizal,SH. Prof. Vallerine Kriekhoff,SH. Dr. Tri Hayati,SH.Dr. Ratih,SH. Dr. Tjip Ismail,SH.

Dengan hasil meeting tim tersebut, bersepakat untuk berencana menyalurkan ke-14 Lokasi, adapun Lokasi terbagi di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat , Bekasi , Depok dan Bogor, dengan demikian akan dibagi dua Gelombang untuk sesi penyaluran bantuan tersebut.

Donasi yang telah di salurkan terlaksana dalam tiga hari lalu, yakni pada tanggal 7 – 9 April 2020 barus sebagian yaitu 500 paket, dan sebagian lagi direncanakan akan dibagikan pada tahap kedua.

Donasi pemberian bantuan sembako tersebut ditujukan untuk para driver ojek online atau ojol, pedagang kaki lima, pedagang keliling, penjaga toko yang dikhususkan bagi toko yang tutup karena terdampak konsdisi dari pandemi ini serta warga lain yang layak mendapatkannya.
Kegiatan ini dilakukan dengan hasil kesepakatan meeting zoom para anggota ILUNI UI S3 FHUI

Kegiatan peduli sosial tersebut juga dibantu oleh anggota almuni lainnya di lapangan, tugaskan selaku distributor lapangan selain Korlap adalah Dr.Lidia, SH. Dan Dr. Ryan, SH. Kemudian distributor lapangan lainnya yakni, Dr. Taufiqurachman Sauhuri,SH . Dr. Fennieka Kristianto, SH. Dr.Dwi Andayani Bs,SH

Selain itu, ILUNI UI S3 FHUI juga meluncurkan buku yang berjudul “Diskursus Hukum Untuk Kesejahteraan Rakyat” pada bulan Juli tahun 2019 yang lalu.

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, penting bagi masyarakat untuk menerapkan langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi wabah virus corona ini.

Covid-19 adalah bukan hanya permasalahan pemerintah saja, namun kerja sama dan sinergi bersama.

Dengan demikian, hati para ILUNI UI S3 FHUI terpanggil menggalangkan dana untuk bersama meringankan suatu permasalahan ekonomi harian masyarakat kecil yang terdampak virus Corona ini. Juga mengapresiasi Statement dari Ketua ILUNI UI S3 FHUI, merupakan kontribusi nyata yg diberikan oleh ILUNI UI S3 FHUI sekaligus memperkecil tingkat kesulitan yang tengah dihadapi terdampak oleh situasi pandemi ini.