Sebagai bagian dari upaya mengedepankan bidang Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG), Matahari bekerja sama dengan Asia Pacific Rayon meluncurkan program pengelolaan limbah tekstil pada 16 November 2022.

Sebagai bagian dari Proyek ESG Sunrise Matahari, program ini mendorong pelanggan Matahari untuk berpartisipasi dalam mengurangi limbah tekstil melalui proses daur ulang untuk masa depan lingkungan yang lebih baik.

Pada tahap pertama, program ini fokus pada Denim Trade-In Nevada yang dilaksanakan di tiga gerai Matahari yakni Supermal Karawaci (Tangerang), Metropolitan Mall (Bekasi) dan Ciputra Mall (Jakarta).

“Matahari berkomitmen dalam mengurangi jumlah pakaian yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Kami juga berupaya mengelola perbaikan dalam manajemen limbah tekstil, sehingga pada akhirnya ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu, Matahari sangat antusias bekerja sama dengan Asia Pacific Rayon dan mitra pemilahnya, yang memiliki pengalaman dan keahlian luar biasa di bidang ini serta menjalankan komitmennya dalam mendaur ulang kain secara berkelanjutan,” kata Terry O’Connor, CEO Matahari, dalam rilisnya yang diterima KABARI.

“Sejalan  dengan  tujuan  kami  dalam  mendukung  industri  fesyen  dan  tekstil  Indonesia  yang berkelanjutan, Asia Pacific Rayon dengan senang hati mendukung Matahari untuk mengadakan program ramah lingkungan ini. Kami menyediakan fasilitas daur ulang berupa dua drop box di setiap gerai dengan instruksi yang jelas untuk pengumpulan denim bekas dari pelanggan Matahari. Kami yakin program ini akan berkontribusi untuk mengurangi jumlah 26 ton limbah tekstil di Indonesia melalui proses pemilahan, penelusuran, dan daur ulang secara kimia,” jelas Basrie Kamba, Director Asia Pacific Rayon.

Sebagai kelanjutan dari upaya rebranding, Matahari terus meningkatkan area kerja dan gerai- nya menjadi ramah lingkungan. Matahari meningkatkan jumlah produk ramah lingkungan, menggunakan tas belanja biodegradable dan telah menyediakan kantong kertas ke seluruh gerainya. Perseroan juga menggunakan lebih banyak energi dari sumber daya terbarukan. Matahari akan melanjutkan program pengelolaan limbah tekstil ini ke gerai-gerai lainnya di seluruh Indonesia.

“Kami peduli dengan planet tempat kami tinggal dan melalui program Denim Trade-In Nevada ini, kami mengajak pelanggan setia Matahari untuk menjadi bagian dari perubahan untuk lingkungan yang lebih baik”, Terry menambahkan.