Outlet makanan Bali bernama The Warung yang berada di Lau Pa Sat, Singapura, mulai menarik perhatian banyak orang setelah dibuka pada bulan Juni 2023. Orang-orang tertarik dengan hidangan khas Bali yang lezat seperti Ayam Betutu serta kisah cinta unik pemiliknya.

Pengacara Indonesia-Tionghoa yang berbasis di Singapura, Juliana Widjaja membuka kios tersebut bersama mantan pemandu selam Bali I Wayan Suka setelah mereka jatuh cinta selama perjalanan menyelam di Bali dan menikah. Namun setelah kurang dari setahun beroperasi, kios tersebut akan ditutup selamanya pada tanggal 22 Maret.

Pengacara yang membantu suaminya di warung setiap kali dia punya waktu luang mengatakan bahwa menutup bisnis itu adalah hal yang “pahit manis”.

Dia menambahkan bahwa sangat menyedihkan untuk membiarkan hal ini berlalu begitu saja karena bisnis sedang berjalan dengan sangat baik, namun kehidupan terus terjadi dan kami sangat bersemangat dengan apa yang akan terjadi selanjutnya

Tapi bagaimana perasaan Suka yang memasak semua makanan di sini?

“Dia merasakan hal yang sama dengan saya,” kata Juliana. “Pahit manis juga. Ia sangat senang bisa mendirikan kedai ini di Singapura, apalagi ia merasa makanan tradisional Indonesia kurang terwakili di luar negeri karena Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dengan begitu banyak jenis masakan yang berbeda. Namun dia mengatakan bahwa prioritasnya adalah mendukung karier saya dan dia juga sangat bersemangat dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.”

Dia mengatakan alasan penutupan, mengisyaratkan komitmen kerjanya, dan mengatakan dia akan memberi tahu kami lebih banyak rincian pada waktunya.

Juliana menegaskan, kiosnya tidak tutup karena bisnisnya buruk. Faktanya, katanya, “masih ada antrian saat makan siang, dan makanan terjual cukup awal di malam hari setiap hari”.

Dia menambahkan, “Kami harus menyesuaikan jam tutup kami dan mengatakan sampai terjual habis karena itu. Pasangan ini telah memulihkan investasi $40,000 mereka di kios tersebut dan telah menghasilkan keuntungan dalam delapan bulan ini.”

Meskipun Suka tidak memiliki pengalaman profesional di bidang F&B sebelum mendirikan Warung, ia tumbuh besar dengan memasak secara rutin di rumah bersama keluarganya. Ia pernah menjadi pemandu selam di Bali, di mana ia bertemu Juliana yang sedang melakukan perjalanan menyelam di sana pada tahun 2019.

Keduanya tetap berteman di Instagram selama masa lockdown COVID-19 yang segera terjadi, kemudian bertemu lagi dan jatuh cinta saat bepergian. pembatasan dicabut. Suka kemudian pindah ke Singapura setelah menikah dengan Juliana, yang bekerja di firma hukum di sini.

Meskipun sangat disayangkan bahwa The Warung ditutup begitu cepat, Juliana mberharap warung ini menginspirasi orang untuk mencoba makanan Indonesia yang lebih otentik di luar [jenis hidangan] yang umum.

Mengenai apakah mereka berencana membuka kembali kiosnya di masa mendatang, Juliana mengatakan, “Saat ini belum, tapi jangan pernah bilang tidak akan pernah kan?”.

Sumber foto: CNA

Baca Juga: