Konsultan kecantikan Bedah Plastik di Klinik Utama Promec Pondok Indah, Rika Sagita, menjelaskan perbedaan antara bedah plastik estetik dan bedah plastik rekonstruksi.

“ Kalau bedah plastik estetik itu untuk yang fisik yang ingin disempurnakan, biasanya pasien yang berkeluhan pada nilai keindahannya untuk terlihat lebih sempurna dan untuk memperbaiki bagian-bagian tubuh yang dianggap kurang menarik atau tidak proporsional.” kata Rika.

Sementara itu bedah plastik rekonstruksi tujuannya adalah untuk membentuk fisik yang tadinya tidak normal menjadi normal kembali.

Calon pasien yang melakukan bedah plastik rekonstruksi adalah mereka yang  mengalami accident sehingga fisiknya tidak seperti orang pada umumnya, atau sejak lahir fisiknya tidak normal contohnya adalah bawaan lahir seperti bibir sumbing atau pasca pasien kulitnya terbakar.

Perbedaan utama bedah plastik estetik dan bedah plastik rekonstruksi itu lebih ke tujuannya. Bedah plastik estetik bertujuan untuk meningkatkan penampilan fisik, sedangkan bedah plastik rekonstruksi bertujuan untuk memperbaiki fungsi tubuh.

Apakah semua dokter bedah bisa melakukan kedua operasi ini?

Rika menjawab iya , pasalnya dokter bedah plastik bisa melakukan tindakan operasi bedah estetik dan rekontruksi.

Sebelum melakukan bedah plastik rekonstruksi ada beberapa hal yang diperhatikan dan disiapkan oleh calon pasien.

“Yang terpenting itu calon pasien diharapkan dalam keadaan yang baik mungkin dilihat dari kondisi calon pasien yang pasti ada cek lab khusus untuk melakukan tindakan ini tergantung dokternya,” punskasnya.

Selain itu juga teliti dalam memilih dokter dan klinik sebelum melakukan operasi plastik agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Dan dokter ataupun konsultan  wajib memberikan pemahaman dan informasi kepada calon pasien tentang prosedur operasi yang akan dilakukan.

Sumber foto: Istimewa

Baca Juga: